FULL KISAH RUBIAH AL ADAWIYAH DARI BERMACAM VERSI
Rabiatul
Adawiyah adalah seorang wali Allah yang mengabdikan dirinya kepada Allah.
Kesabaran dan perjuangannya harus dicontohi oleh wanita Islam hari ini.
Walaupun sejarah hidupnya bermula dari seorang wanita yang tidak mentaati
Allah, akhirnya dia memilih jalan sufi dalam mencari ketenangan hidup.
Kisah bermula
pada zaman dahulu di mana kejahilan menyelebungi masyarakat arab, kebanyakan
sekolah agama telah ditutup. Ayah Rabiatul Adawiyah adalah guru agama, tetapi
terpaksa menjadi pendayung sampan. Untuk menarik minat orang menaiki sampannya
Rabiatul Adawiyah akan mendendangkan lagu yang merdu ketika mendayung sampan.
Rabiatul Adawiyah sentiasa di samping ayahnya hinggalah dia dewasa. Apabila
ayahnya meninggal dunia. dia menggantikan tempat ayahnya sebagai pendayung
sampan dan mendendangkan lagu yang merdu. Mendengarkan suaranya yang merdu itu
menarik hati seorang lelaki untuk membawanya untuk dipersembahkan kepada raja
dan dia terpaksa berkhidmat untuk raja. Setiap hari dia menyanyi dan menuang
arak kepada raja dan tetamu raja.
Suatu hari
timbul kesedaran di hatinya dan merasa insaf dengan segala perbuatannya kerana
kejahilannya itu sedangkan bapanya adalah seorang guru agama. Dari hari itu
Rabiatul Adawiyah tidak mahu lagi menyanyi dan menuang arak. Dia sering duduk
bersendirian berzikir kepada Allah. Dia juga diseksa oleh raja dengan kerja
yang berat. Pernah suatu hari pengawal raja disuruh melepaskan ular dan kala
jengking ke dalam bilik Rabiatul Adawiyah kerana raja tidak senang melihat dia
sentiasa berzikir. Tetapi akhirnya ular tersebut menerkam pengawal raja.
Rabiatul Adawiyah tetap tenang, walaupun dia tidak diberi makan dia tetap mampu
menjalankan ibadat kepada Allah. Apabila raja mengintainya di dalam bilik,
kelihatan dia sedang munajat memohon doa kepada Allah. Di dalam kegelapan
biliknya kelihatan cahaya yang menyuluh ke arahnya. Pada suatu malam raja
bermimpi seorang tua datang dan mengatakan supaya melepaskan Rabiatul Adawiyah
dan jangan lagi menyeksanya, kemudian raja melihat Rabiatul Adawiyah berpakaian
serba putih naik ke atas langit. Beliau terus ke bilik Rabiatul Adawiyah untuk
melihat sama ada Rabiatul Adawiyah masih ada atau sudah pergi. Kelihatan
Rabiatul Adawiyah masih berzikir dan berdoa.
Sampai habis
tempoh masa Rabiatul berkhidmat dengan raja, akhirnya dia dilepaskan oleh raja.
Rabiatul Adawiyah berterima kasih kepada raja dan tidak meminta apa-apa
daripada raja walaupun raja memberi peluang kepadanya untuk meminta apa saja
sebelum dia pergi. Apabila dia pulang ke kampungnya, rumahnya telah roboh dan
penduduk kampungnya juga ramai yang telah berpindah. Dia meminta orang
menyediakan sebuah pondok kecil untuknya. Pada suatu malam, seorang pencuri
terpandang pondok Rabiatul Adawiyah lalu dia ingin pergi mencuri di situ.
Ketika itu Rabiatul Adawiyah sedang solat. Dia tidak menjumpai apa-apa di dalam
rumah Rabiatul Adawiyah melainkan sebiji tempayan. Lalu dia merasa kecewa dan
ingin bunuh Rabiatul Adawiyah. Apabila dia mengeluarkan pisau dan ingin menikam
Rabiatul Adawiyah tiba-tiba dia menjadi keras dan pisaunya terjatuh. Rabiatul
Adawiyah terkejut. Rabiatul mengatakan pada pencuri itu ambillah apa yang dia
inginkan jika dia seorang pencuri tetapi mengapa ingin membunuhnya. Lalu dia
menyuruh pencuri itu mengambil wudhuk dan bersolat serta memohon pada Allah apa
yang dia inginkan. Lalu pencuri itu bersolat dan meminta pada Allah agar
mendapat rezeki yang banyak supaya dia tidak perlu menjadi pencuri lagi.
Pada masa yang
sama di luar kelihatan kereta kuda yang membawa banyak harta yang menuju ke
arah pondok Rabiatul Adawiyah. Raja menghantar orang untuk memberi Rabiatul
Adawiyah harta yang banyak. Apabila orang itu datang menemui Rabiatul Adawiyah
kerana ingin menyerahkan harta itu, Rabiatul Adawiyah mengatakan dia tidak
pernah meminta harta dari Allah tetapi orang di sebelahnya yang memohon kepada
Allah jadi berikanlah harta itu kepada orang yang memintanya. Pencuri itu
gembira kerana mendapat harta dan dia membuat sebuah mahligai yang indah. Pada
suatu hari ada seorang lelaki menemui pencuri itu dan bertanya bagaimana dia
mendapat harta yang begitu banyak dalam sekelip mata. Dia pun menceritakan
kisahnya kepada lelaki itu. Lelaki itu menjelaskan kepadanya bahawa wanita yang
ditemuinya itu adalah wali Allah. Dia berasa terkejut dan menyesal kerana tidak
berterima kasih kepada Rabiatul Adawiyah lalu dia ke pondok Rabiatul Adawiyah
untuk menemuinya. Ketika itu Rabiatul Adawiyah sedang nazak. Akhirnya Rabiatul
Adawiyah pergi menemui Kekasihnya.
Baca Juga
- Suami sering lakukan terhadap istrinya, meskipun dianggapnya sepele, padahal ini dapat menyakiti hati seorang istri.
- Para Istri Wajib Baca 4 Perawatan Kecantikan yang Dilarang Islam, Nomor 1 Sering Dilakukan
- Istri Penuh Berkah Itu Memiliki Tiga Tanda Seperti Ini, Adakah Di Kamu Salah Satu Tandanya ?
Rabi'ah
adalah seorang sufi yang mempunyai nama lengkap Rabi'ah binti Ismail Adawiyah,
beliau dilahirkan di kota Basrah pada tahun 95 H. Oleh ayahnya beliau diberi
nama Rabi'ah karena beliau adalah putri ke empat dari 3 putri lainnya.
KEHIDUPAN
RABI'AH
Rabi'ah
adalah seorang sufi yang hidup dalam lingkungan keluarga yang miskin, bahkan
ketika beliau lahir tidak ada satu lampu pun yang dapat digunakan untuk
menerangi ketika beliau lahir. Karena kehidupan yang miskin itulah, sehingga
memaksa Rabi'ah untuk hidup sebagai hamba sahaya dengan berbagai macam
penderitaan yang dialami silih berganti. Disamping sebagai hamba sahaya, beliau
mempunyai kepandaian memainkan alat musik, kepandaian inilah yang di manfaatkan
majikannya untuk memberi hiburan kepada majikannya yang rakus dengan harta
dunia. Dalam kehidupan sebagai hamba sahaya yang selalu dikekang dan diperas
oleh majikannya, membuat Rabi'ah selalu berdo'a kepada Allah SWT untuk meminta
petunjuk kepada Allah SWT. Dengan penderitaan yang dialami ini, Rabi'ah tidak
menyia-nyiakan waktu luangnya untuk berdo'a baik itu pagi, siang dan malam
hari.
Disamping beliau selalu memanjatkan do'a, setiap hari amalan ibadah yang dilakukan Rabi'ah semakin meningkat seperti dengan memperbanyak taubat, dzikir, puasa serta menjalankan shalat siang dan malam. Bahkan ketika beliau melaksanakan shalat sampai meneteskan air mata karena merasa rindu kepada Allah SWT.
Disamping beliau selalu memanjatkan do'a, setiap hari amalan ibadah yang dilakukan Rabi'ah semakin meningkat seperti dengan memperbanyak taubat, dzikir, puasa serta menjalankan shalat siang dan malam. Bahkan ketika beliau melaksanakan shalat sampai meneteskan air mata karena merasa rindu kepada Allah SWT.
Sebagai
seorang sufi ada beberapa keistimewaan yang dimiliki Rabi'ah, diantaranya
adalah:
Pada saat beliau memanjatkan do'a kepada Allah SWT, beliau sering mendapat bisikan"Jangan engkau bersedih, karena kelak dikemudian hari orang-orang yang dekat denganKu (Allah SWT) akan cemburu melihat kedudukanmu"
Pada saat beliau memanjatkan do'a kepada Allah SWT, beliau sering mendapat bisikan"Jangan engkau bersedih, karena kelak dikemudian hari orang-orang yang dekat denganKu (Allah SWT) akan cemburu melihat kedudukanmu"
Rabi'ah dapat
meluluhkan hati majikannya yang keras dan kejam setelah mendengar do'a yang
dipanjatkan oleh Rabi'ah pada suatu malam. Setelah mendengar do'a Rabi'ah itu,
pagi harinya Rabi'ah dibebaskan oleh majikannya dan beliau kembali ke desa asal
tempat kelahirannya.
Sebagai seorang sufi, Rabi'ah sangat cinta kepada Allah SWT hingga orang-orang datang ke rumahnya untuk meminta saran, pelajaran atau sekedar berkah dari padanya, bahkan hanya untuk sekedar bersilaturrahmi. Banyak pula para tokoh-tokoh sufi yang bersilaturrahmi kepada Rabi'ah diantaranya Malik Bin Dinar, Sofyan Tsauri dan tokoh-tokoh yang lain.
Pada suatu malam Rabi'ah pernah di datangi pencuri, ketika pencuri itu tiba di rumah Rabi'ah, di temuinya Rabi'ah sedang berdo'a, dan pencuri itu (entah kenapa) rela menunggu Rabi'ah sampai selesai berdo'a. Setelah selesai berdo'a, Rabi'ah menemui pencuri itu dan mengajak untuk memanjatkan do'a bersama-sama dan pencuri itu menerima ajakan Rabi'ah dan setelah selesai memanjatkan do'a, pencuri itu pulang dan pada pagi harinya pencuri itu ikut sebagai jama'ah pengajian Rabi'ah.
Sebagai seorang sufi, Rabi'ah sangat cinta kepada Allah SWT hingga orang-orang datang ke rumahnya untuk meminta saran, pelajaran atau sekedar berkah dari padanya, bahkan hanya untuk sekedar bersilaturrahmi. Banyak pula para tokoh-tokoh sufi yang bersilaturrahmi kepada Rabi'ah diantaranya Malik Bin Dinar, Sofyan Tsauri dan tokoh-tokoh yang lain.
Pada suatu malam Rabi'ah pernah di datangi pencuri, ketika pencuri itu tiba di rumah Rabi'ah, di temuinya Rabi'ah sedang berdo'a, dan pencuri itu (entah kenapa) rela menunggu Rabi'ah sampai selesai berdo'a. Setelah selesai berdo'a, Rabi'ah menemui pencuri itu dan mengajak untuk memanjatkan do'a bersama-sama dan pencuri itu menerima ajakan Rabi'ah dan setelah selesai memanjatkan do'a, pencuri itu pulang dan pada pagi harinya pencuri itu ikut sebagai jama'ah pengajian Rabi'ah.
POKOK PIKIRAN
RABI'AH
Ada beberapa
pokok pikiran pada diri Rabi'ah, diantaranya adalah:
Hidup atas dasar Zuhud, dan mengisinya dengan selalu beribadah kepada Allah SWT yang akan menjadi tumpuan cintanya kepada Allah SWT, sebagaimana yang beliau katakan,
"Aku tinggalkan cintanya Laila dan Su'da mengasing diri Dan kembali bersama rumahku yang pertama. Dengan berbagai kerinduan mengimbauku, Tempat-tempat kerinduan cinta abadi".
Cinta Rabi'ah adalah cinta abadi kepada Tuhan yang melebihi segala yang ada, cinta abadi yang tidak takut pada apapun walau pada neraka sekalipun. pernyataan beliau yang terkenal ialah,
"Kujadikan Engkau teman percakapan hatiku, Tubuh kasarku biar bercakap dengan insani.
Jasadku biar biar bercengkrama dengan tulangku, Isi hati hanyalah tetap pada-Mu jua..."
Ibadah yang ditegakkan siang dan malam, semata-mata karena cinta abadi itu. Sebagaimana pernyataannya,
"Sekiranya aku beribadah kepada Engkau Karena takut akan siksa neraka, Biarkanlah neraka itu bersamaku. Dan jika aku beribadah karena mengharap surga,
Maka jauhkanlah surga itu dariku. Tetapi bila aku beribadah karena cinta semata, Maka limpahkan lah keindahan-Mu selalu..."
Hidup atas dasar Zuhud, dan mengisinya dengan selalu beribadah kepada Allah SWT yang akan menjadi tumpuan cintanya kepada Allah SWT, sebagaimana yang beliau katakan,
"Aku tinggalkan cintanya Laila dan Su'da mengasing diri Dan kembali bersama rumahku yang pertama. Dengan berbagai kerinduan mengimbauku, Tempat-tempat kerinduan cinta abadi".
Cinta Rabi'ah adalah cinta abadi kepada Tuhan yang melebihi segala yang ada, cinta abadi yang tidak takut pada apapun walau pada neraka sekalipun. pernyataan beliau yang terkenal ialah,
"Kujadikan Engkau teman percakapan hatiku, Tubuh kasarku biar bercakap dengan insani.
Jasadku biar biar bercengkrama dengan tulangku, Isi hati hanyalah tetap pada-Mu jua..."
Ibadah yang ditegakkan siang dan malam, semata-mata karena cinta abadi itu. Sebagaimana pernyataannya,
"Sekiranya aku beribadah kepada Engkau Karena takut akan siksa neraka, Biarkanlah neraka itu bersamaku. Dan jika aku beribadah karena mengharap surga,
Maka jauhkanlah surga itu dariku. Tetapi bila aku beribadah karena cinta semata, Maka limpahkan lah keindahan-Mu selalu..."
Maqam tertinggi
tentang ajaran tasawuf yang dikembangkan oleh para tokoh sufi adalah,
"Kucintai Engkau lantaran aku memang cinta, Dan lantaran Engkau yang memang patut untuk dicintai. Cintaku lah yang membuat rindu pada-Mu, Demi cinta suci ini, bukalah... Tabir penutup tatapan sembahku. janganlah Kau puji aku lantaran ini, Bagi-Mu lah segala puja dan puji..." WAFATNYA RABI'AH Rabi'ah Al 'Adawiyah wafat pada tahun 185 H, di kota kelahirannya yaitu Basrah.
"Kucintai Engkau lantaran aku memang cinta, Dan lantaran Engkau yang memang patut untuk dicintai. Cintaku lah yang membuat rindu pada-Mu, Demi cinta suci ini, bukalah... Tabir penutup tatapan sembahku. janganlah Kau puji aku lantaran ini, Bagi-Mu lah segala puja dan puji..." WAFATNYA RABI'AH Rabi'ah Al 'Adawiyah wafat pada tahun 185 H, di kota kelahirannya yaitu Basrah.
RUBIAH AL
ADAWIYAH
Sufi
adalah istilah untuk mereka yang mendalami ilmu tasawwuf, sejenis aliran mistik
dalam agama Islam. Sudah menjadi hal yang umum sejak zaman dulu bahwa yang
menjadi tokoh sufi adalah berasal dari kalangan kaum laki-laki seperti
Al-Hallaj, Jalaluddin Rumi, Syekh Shohibul Faroji Azmatkhan Ba’alawi
Al-Husaini, Syekh Abdul Qadir Jaelani, Abu Nawas, Syekh Abul Hasan Asy
Syadzili. Laki-laki memang sudah sepantasnya menjadi pemimpin dan tokoh utama
dalam setiap bidang. Namun teori itu tak berlaku lagi ketika muncul
seorang tokoh sufi yang berasal dari kaum wanita yang bernama Siti
Rabiatul Adawiyah.
Rabiah
adalah sufi pertama yang memperkenalkan ajaran Mahabbah (Cinta) Ilahi, sebuah
jenjang (maqam) atau tingkatan yang dilalui oleh seorang salik (penempuh jalan
Ilahi). Selain Rabi’ah al-Adawiyah, sufi lain yang memperkenalkan ajaran
mahabbah adalah Maulana Jalaluddin Rumi, sufi penyair yang lahir di Persia
tahun 604 H/1207 M dan wafat tahun 672 H/1273 M. Jalaluddin Rumi banyak
mengenalkan konsep Mahabbah melalui syai’ir-sya’irnya, terutama dalam Matsnawi
dan Diwan-i Syam-I Tabriz.
BIOGRAFI RABIAH
ADAWIYAH DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG
Siti
Rabiah Adawiyah lahir di Basra pada tahun 105 H dan meninggal pada tahun 185 H.
Siti Rabiah Al Adawiyah adalah salah seorang perempuan Sufi yang
mengabdikan seluruh hidupnya hanya untuk beribadah kepada Allah. Soerang wanita
yang alur kehidupannya tidak seperti wanita pada umumnya, ia terisolasi dalam
dunia mistisme jauh dari hal-hal duniawi. Tidak ada sesuatu yang lebih
dicintainya di dunia yang melebihi cintanya kepada Allah. Kehidupannya seolah
hanya untuk mendapatkan ridho Allah, tidak ada suatu tujuan apapun selain itu.
Rabiah pernahmengeungkapkan bentuk penyerahan dirinya kepada Allah, ketulusan
ibadahnya kepada Allah dalam syair berikut ini :
“Jika aku
menyembah-Mu karena takut api neraka-Mu maka bakarlah aku di dalamnya. Dan jika
aku menyembah-Mu karena mengharap surga-Mu maka haramkanlah aku daripadanya.
Tetapi jika aku menyembah-Mu karena kecintaanku kepada-Mu maka berikanlah aku
balasan yang besar, berilah aku melihat wajah-Mu yang Maha Besar dan Maha Mulia
itu.”
الحب
الذي لا تقيده رغبة سوى حب الله وحده
‘Cinta yang
murni yang bukan hanya terbatas oleh keinginan adalah cinta kepada Allah
semata’
Siti
Rabiah Al-adawiyah dilahirkan ditengah keluarga miskin. Seisi rumahnya
hanya dapat ditemukan barang yang memang benar-benar diperlukan saja
bahkan konon mereka tidak memiliki setetes minyak (sejenis minyak telon) saja
untuk menghangatkan perut anaknya, mereka tidak memiliki lampu untuk menerangi
rumahnya. Ayahnya hanya bekerja mengangkut penumpang menyeberangi Sungai
Dijlah dengan menggunakan sampan. Ayah Rabiah Adawiyah pantang untuk
meminta-minta kepada orang lain walaupun kondisi ekonominya ditengah kehancuran
dan mendekati kesengsaraan. Ayah Rabiah bernama Ismail, nama yang tidak begitu
dikenal di wilayahnya, jauh dari keheidupan gemerlap kota Basra yang saat itu
merupakan kota besar. Lebih baik mati daripada hidup meminta-minta kepada orang
lain bagi Ayah Rabiah Adawiyah. Prinsip yang melekat dalam diri Ayah Rabiah
selaku suami dari istri yang memiliki empat anak ini begitu kuat. Sang
suami selalu yakin bahwa pertolongan Allah akan segera datang, Allah
tidak pernah tertidur, Allah selalu akan menjaga dan melindungi istri dan
anak-anaknya. Hingga suatu ketika Isterinya yang malang menangis sedih
atas keadaan keluarganya yang serba memprihatinkan itu. Dalam keadaan
yang demikian itu sang istri mengeluh kepada sang suami. Sang suami hanya dapat
menekurkan kepala ke atas lutut hingga akhirnya ia terlena dalam
tidurnya. Di dalam tidurnya ia bermimpi melihat Nabi. Nabi membujuknya:
“Janganlah engkau bersedih, karena bayi perempuan yang baru dilahirkan itu
adalah ratu kaum wanita dan akan menjadi penengah bagi 70 ribu orang di antara
kaumku”. Kemudian Nabi meneruskan; “Besok, pergilah engkau menghadap ‘
Gubernur Bashrah, Isa az-Zadan dan tuliskan kata-kata berikut ini diatas
sehelai kertas putih : ‘Setiap malam engkau mengirimkan shalawat seratus kali
kepadaku, dan setiap malam Jum’at empat ratus kali. Kemarin adalah malam Jum’at
tetapi engkau lupa melakukannya. Sebagai penebus kelalaianmu itu berikanlah
kepada orang ini empat ratus dinar yang telah engkau peroleh secara halal’”.
Ketika terjaga dari tidurnya, ayah Rabiah mengucurkan air mata seraya bersyukur
kepada Allah karena ia yakin bahwa mimpinya adalah benar dan merupakan petunjuk
dari Allah bagi hambanya yang beriman. la pun segera menjalankan petunjuk
sebagaimana yang diperintahkan Nabi dalam mimpinya, iamenulis dan
mengirimkannya tulisannya kepada gubernur melalui pengurus rumah tangga
istana. Tidak lama setelah sang Gubernur mambaca surat tersebut, sang gubernur
langsung mengirim utusannya untuk membagikan uang masing-masing dua ribu
dinar kepada orang-orang miskin.
Seolah
terhanyut dalam kebahagian dan sebagai bentuk ungkapan rasa syukur karena sang
gubernur merasa bahwa dia adalah orang yang istimewa di mata nabi maka ia
memberikan hadiah uang empat ribu dinar kepada ayah Rabiah Adawiyah pada
awalnya. Namun, setelah beberapa saat sang gubernur merasa tidak
pantas hanya menghadiahkan uang dalam jumlah tersebut kepada kekasih Allah.
Sang gubernur pun berjanji akan memberikan apapun yang dibutuhkan ayah
Rabiah Adawiyah. Kemudian sang gubernur pergi menemui Ayah dirumahnya dan
membicarakan semua yang telah ia janjikan bagi ayah Rabiah.
“Amir itu meminta supaya bapa
Rabi’atul-adawiyyah selalu mengunjungi beliau apabila hendakkan sesuatu karena
beliau sungguh berasa bertuah dengan kedatangan orang yang hampir dengan Allah.
Selepas bapanya meninggal dunia, Basrah dilanda oleh kebuluran.
Rabi’atul-adawiyyah berpisah dari adik-beradiknya. Suatu ketika kafilah yang
beliau tumpangi itu telah diserang oleh penyamun. Ketua penyamun itu menangkap
Rabi’atul-adawiyyah untuk dijadikan barang rampasan untuk dijual ke pasar
sebagai abdi. Maka lepaslah ia ke tangan tuan yang baru.
Suatu
hari, tatkala beliau pergi ke satu tempat atas suruhan tuannya, beliau telah
dikejar oleh orang jahat. beliau lari. Tetapi malang, kakinya tergelincir dan
jatuh. Tangannya patah. Beliau berdoa kepada Allah, “Ya Allah! Aku ini orang
yatim dan abdi. Sekarang tanganku pula patah. tetapi aku tidak peduli segala itu
asalkan Kau rida denganku. tetapi nyatakanlah keridaanMu itu padaku.” Tatkala
itu terdengarlah suatu suara malaikat, “Tak mengapa semua penderitaanmu itu. Di
hari akhirat kelak kamu akan ditempatkan di peringkat yang tinggi hinggakan
Malaikat pun kehairanan melihatmu.” Kemudian pergilah ia semula kepada tuannya.
Selepas peristiwa itu, tiap-tiap malam ia menghabiskan masa dengan beribadat
kepada Allah, selepas melakukan kerja-kerjanya. Beliau berpuasa berhari-hari.
Suatu hari, tuannya terdengar suara rayuan Rabi’atul-adawiyyah di tengah malam
yang berdoa kepada Allah : “Tuhanku! Engkau lebih tahu bagaimana aku cenderung
benar hendak melakukan perintah-perintahMu dan menghambakan diriku dengan
sepenuh jiwa, wahai cahaya mataku. Jikalau aku bebas, aku habiskan seluruh masa
malam dan siang dengan melakukan ibadat kepadaMu. Tetapi apa yang boleh aku
buat kerana Kau jadikan aku hamba kepada manusia.”
Dilihat
oleh tuannya itu suatu pelita yang bercahaya terang tergantung di
awang-awangan, dalam bilik Rabi’atul-adawiyyah itu, dan cahaya itu meliputi
seluruh biliknya. Sebentar itu juga tuannya berasa adalah berdosa jika tidak
membebaskan orang yang begitu hampir dengan Tuhannya. sebaliknya tuan itu pula
ingin menjadi khadam kepada Rabi’atul-adawiyyah. Esoknya, Rabi’atul-adawiyyah
pun dipanggil oleh tuannya dan diberitahunya tentang keputusannya hendak
menjadi khadam itu dan Rabi’atul-adawiyyah bolehlah menjadi tuan rumah atau pun
jika ia tidak sudi bolehlah ia meninggalkan rumah itu. Rabi’atul-adawiyyah
berkata bahawa ia ingin mengasingkan dirinya dan meninggalkan rumah itu.
Tuannya bersetuju. Rabi’atul-adawiyyah pun pergi. Suatu masa
Rabi’atul-adawiyyah pergi naik haji ke Mekkah. Dibawanya barang-barangnya atas
seekor keldai yang telah tua. Keldai itu mati di tengah jalan. Rakan-rakannya
bersetuju hendak membawa barang -barangnya itu tetapi beliau enggan kerana
katanya dia naik haji bukan di bawah perlindungan sesiapa. Hanya perlindungan
Allah S.W.T. Beliau pun tinggal seorang diri di situ. Rabi’atul-adawiyyah terus
berdoa, “Oh Tuhan sekalian alam, aku ini keseorangan, lemah dan tidak berdaya.
Engkau juga yang menyuruhku pergi mengunjungi Ka’abah dan sekarang Engkau
matikan keldaikudan membiarkan aku keseorangan di tengah jalan.” Serta-merta
dengan tidak disangka-sangka keldai itu pun hidup semula. Diletaknya
barang-barangnya di atas keldai itu dan terus menuju Mekkah. Apabila hampir ke
Ka’abah, beliau pun duduk dan berdoa, “Aku ini hanya sekepal tanah dan Ka’abah
itu rumah yang kuat. Maksudku ialah Engkau temui aku sebarang perantaraan.”
Terdengar suara berkata, “Rabi’atul-adawiyyah, patutkah Aku tunggangbalikkan
dunia ini kerana mu agar darah semua makhluk ini direkodkan dalam namamu dalam
suratan takdir? Tidakkah kamu tahu Nabi Musa pun ada hendak melihatKu? Aku sinarkan
cahayaKu sedikit sahaja dan dia jatuh pengsan dan Gunung Sinai runtuh menjadi
tanah hitam.” Suatu ketika yang lain, semasa Rabi’atul-adawiyyah menuju Ka’abah
dan sedang melalui hutan, dilihatnya Ka’abah datang mempelawanya. Melihatkan
itu, beliau berkata, “Apa hendakku buat dengan Ka’abah ini; aku hendak bertemu
dengan tuan Ka’abah (Allah) itu sendiri. Bukankah Allah juga berfirman iaitu
orang yang selangkah menuju Dia, maka Dia akan menuju orang itu dengan tujuh
langkah? Aku tidak mahu hanya melihat Ka’abah, aku mahu Allah.” Pada masa itu
juga, Ibrahim Adham sedang dalam perjalanan ke Ka’abah. Sudah menjadi amalan
beliau mengerjakan sembahyang pada setiap langkah dalam perjalanan itu. Maka
oleh itu, beliau mengambil masa empat belas tahun baru sampai ke Ka’bah.
Apabila sampai didapatinya Ka’abah tidak ada. Beliau sangat merasa hampa.
Terdengar olehnya satu suara yang berkata, “Ka’abah itu telah pergi melawat
Rabi’atul -adawiyyah.” Apabila Ka’bah itu telah kembali ke tempatnya dan
Rabi’atul-adawiyyah sedang menongkat badannya yang tua itu kepada kepada
tongkatnya, maka Ibrahim Adham pun pergi bertemu dengan Rabi’atul-adawiyyah dan
berkata “Rabi’atul-adawiyyah, kenapa kamu dengan perbuatanmu yang yang ganjil
itu membuat haru-biru di dunia ini?” Rabi’atul-adawiyyah menjawab, “Saya tidak
membuat satu apa pun sedemikian itu, tetapi kamu dengan sikap ria (untul
mendapat publisiti) pergi ke Ka’abah mengambil masa empat belas tahun.” Ibrahim
mengaku yang ia sembahyang setiap langkah dalam perjalanannya. Rabi’atul-adawiyyah
berkata, “Kamu isi perjalananmu itu dengan sembahyang,tetapi aku mengisinya
dengan perasaan tawaduk dan khusyuk.” Tahun kemudiannya, lagi sekali
Rabi’atul-adawiyyah pergi ke Ka’abah. beliau berdoa, “Oh Tuhan! perlihatkanlah
diriMu padaku.” Beliau pun berguling-guling di atas tanah dalam perjalanan itu.
Terdengar suara, “Rabi’atul-adawiyyah, hati-hatilah, jika Aku perlihatkan
diriKu kepadamu, kamu akan jadi abu.” Rabi’atul-adawiyyah menjawab, “Aku tidak
berdaya memandang keagungan dan kebesaranMu, kurniakanlah kepadaku kefakiran
(zahid) yang mulia di sisiMu.” Terdengar lagi suara berkata, “Kamu tidak sesuai
dengan itu. Kemuliaan seperti itu dikhaskan untuk lelaki yang memfanakan diri
mereka semasa hidup mereka kerana Aku dan antara mereka dan Aku tidak ada
regang walau sebesar rambut pun, Aku bawa orang-orang demikian sangat hampir
kepadaKu dan kemudian Aku jauhkan mereka, apabila mereka berusaha untuk
mencapai Aku. Rabi’atul-adawiyyah, antara kamu dan Aku ada lagi tujuh puluh
hijab atau tirai. Hijab ini mestilah dibuang dulu dan kemudian dengan hati yang
suci berhadaplah kepadaKu. Sia-sia sahaja kamu meminta pangkat fakir dari Aku.”
Kemudian suara itu menyuruh Rabi’atul-adawiyyah melihat ke hadapan. Dilihatnya
semua pandangan telah berubah. Dilihatnya perkara yang luar biasa. Di
awang-awangan ternampak lautan darah yang berombak kencang. Terdengar suara
lagi, “Rabi’atul-adawiyyah, inilah darah yang mengalir dari mata mereka yang
mencintai Kami (Tuhan) dan tidak mahu berpisah dengan Kami. Meskipun mereka
dicuba dan diduga, namun mereka tidak berganjak seinci pun dari jalan Kami dan
tidak pula meminta sesuatu dari Kami.
Dalam langkah
permulaan dalam perjalanan itu, mereka mengatasi semua nafsu dan cita-cita yang
berkaitan dengan dunia dan akhirat. Mereka beruzlah (memencilkan diri) dari
dunia hingga tidak ada sesiapa yang mengetahui mereka. Begitulah mereka itu
tidak mahu publisiti (disebarkan kepada umum) dalam dunia ini.” Mendengar itu,
Rabi’atul-adawiyyah berkata, “Tuhanku! Biarkan aku tinggal di Ka’abah.” Ini pun
tidak diberi kepada beliau. Beliau dibenarkan kembali ke Basrah dan
menghabiskan umurnya di situ dengan sembahyang dan memencilkan diri dari orang
ramai.
Suatu hari
Rabi’atul-adawiyyah sedang duduk di rumahnya menunggu ketibaan seorang darwisy
untuk makan bersamanya dengan maksud untuk melayan darwisy itu,
Rabi’atul-adawiyyah meletakkan dua buku roti yang dibuatnya itu di hadapan
darwisy itu. Darwisy itu terkejut kerana tidak ada lagi makanan untuk
Rabi’atul-adawiyyah. Tidak lama kemudian, dilihatnya seorang perempuan membawa
sehidang roti dan memberinya kepada Rabi’atul-adawiyyah menyatakan tuannya
menyuruh dia membawa roti itu kepada Rabi’atul-adawiyyah, Rabi’atul-adawiyyah
bertanya berapa ketul roti yang dibawanya itu. Perempuan itu menjawab, “Lapan
belas.” Rabi’atul-adawiyyah tidak mahu menerima roti itu dan disuruhnya
kembalikan kepada tuannya. Perempuan itu pergi. Kemudian datang semula.
Rabi’atul-adawiyyah menerima roti itu selepas diberitahu bahawa ada dua puluh
ketul roti dibawa perempuan itu. Darwisy itu bertanya kenapa
Rabi’atul-adawiyyah enggan menerima dan kemudian menerima pula.
Rabi’atul-adawiyyah menjawab, “Allah berfirman dalam Al-Quran iaitu : “Orang
yang memberi dengan nama Allah maka Dia akan beri ganjaran sepuluh kali ganda.
Oleh itu, saya terima hadiah apabila suruhan dalam Al-Quran itu dilaksanakan.”
Suatu hari Rabi’atul-adawiyyah sedang menyediakan makanan. Beliau teringat yang
beliau tidak ada sayur. Tiba-tiba jatuh bawang dari bumbung. Disepaknya bawang
itu sambil berkata, “Syaitan! Pergi jahanam dengan tipu-helahmu. Adakah Allah
mempunyai kedai bawang?” Rabi’atul-adawiyyah berkata, “Aku tidak pernah meminta
dari sesiapa kecuali dari Allah dan aku tidak terima sesuatu melainkan dari
Allah.”
Suatu hari,
Hassan Al-Basri melihat Rabi’atul-adawiyyah dikelilingi oleh binatang liar yang
memandangnya dengan kasih sayang. Bila Hassan Al-Basri pergi menujunya,
binatang itu lari. Hassan bertanya, “Kenapa binatang itu lari?” Sebagai
jawaban, Rabi’atul-adawiyyah bertanya, “Apa kamu makan hari ini?” Hassan
menjawab, “Daging.” Rabi’atul- adawiyyah berkata, Oleh kerana kamu makan
daging, mereka pun lari, aku hanya memakan roti kering.”
Suatu hari
Rabi’atul-adawiyyah pergi berjumpa Hassan Al-Basri. Beliau sedang menangis
terisak-isak kerana bercerai (lupa) kepada Allah. Oleh kerana hebatnya tangisan
beliau itu, hingga air matanya mengalir dilongkang rumahnya. Melihatkan itu,
Rabi’atul-adawiyyah berkata, “Janganlah tunjukkan perasaan sedemikian ini
supaya batinmu penuh dengan cinta Allah dan hatimu tenggelam dalamnya dan kamu
tidak akan mendapati di mana tempatnya.” Dengan penuh kehendak untuk mendapat
publiksiti, suatu hari, Hassan yang sedang melihat Rabi’atul-adawiyyah dalam
satu perhimpunan Aulia’ Allah, terus pergi bertemu dengan Rabi’atul-adawiyyah
dan berkata, “Rabi’atul-adawiyyah, marilah kita meninggalkan perhimpunan ini
dan marilah kita duduk di atas air tasik sana dan berbincang hal-hal keruhanian
di sana.” Beliau berkata dengan niat hendak menunjukkan keramatnya kepada orang
lain yang ia dapat menguasai air (seperti Nabi Isa a.s. boleh berjalan di atas
air). Rabi’atul-adawiyyah berkata, “Hassan, buangkanlah perkara yang sia-sia
itu. Jika kamu hendak benar memisahkan diri dari perhimpunan Aulia’ Allah, maka
kenapa kita tidak terbang sahaja dan berbincang di udara?” Rabi’atul-adawiyyah
berkata bergini kerana beliau ada kuasa berbuat demikian tetapi Hassan tidak
ada berkuasa seperti itu. Hassan meminta maaf. Rabi’atul-adawiyyah berkata,
“Ketahuilah bahawa apa yang kamu boleh buat, ikan pun boleh buat dan jika aku
boleh terbang, lalat pun boleh terbang. Buatlah suatu yang lebih dari perkara
yang luarbiasa itu. Carilah ianya dalam ketaatan dan sopan-santun terhadap
Allah.” Seorang hamba Allah bertanya kepada Rabi’atul-adawiyyah tentang perkara
kahwin. beliau menjawab, “Orang yang berkahwin itu ialah orang yang ada
dirinya. Tetapi aku bukan menguasai badan dan nyawaku sendiri. Aku ini
kepunyaan Tuhanku. Pintalah kepada Allah jika mahu mengahwini aku.”
Hassan Al-Basri
bertanya kepada Rabi’atul-adawiyyah bagaiman beliau mencapai taraf keruhanian
yang tinggi itu. Rabi’atul-adawiyyah menjawab, “Aku hilang (fana) dalam
mengenang Allah.” Beliau ditanya, “Dari mana kamu datang?” Rabi’atul-adawiyyah
menjawab, “Aku datang dari Allah dan kembali kepada Allah.” Rabi’atul-adawiyyah
pernah bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad S.A.W. dan baginda bertanya
kepadanya sama ada beliau pernah mengingatnya sebagai sahabat.
Rabi’atul-adawiyyah menjawab, “Siapa yang tidak kenal kepada tuan? Tetapi
apakan dayaku. Cinta kepada Allah telah memenuhi seluruhku, hinggakan tidak ada
ruang untuk cinta kepadamu atau benci kepada syaitan.” Demikian petikan dari
cerita Rabiah adwiyah versia melayu yang menggambarkan betapa besar kecintaan
Rabiah Adawiyah kepada Allah saat ia masih kecil hingga ia dewasa.
Rabi’ah adalah
puteri yang keempat dari empat bersaudara. Itulah sebabnya mengapa ia dinamakan
Rabiah. Keberadaan cerita Rabiah sebagai cerita yang menarik dan populer pada
zamannya banyak disadur dalam berbagai bahasa yakni cerita rabiah
Adawiyah versi Arab, cerita rabiah Adawiyah versi Melayu, termasuk
bahasa-bahasa di Nusantara salah satunya adalah cerita Rabiah Adawiyah yang
ditulis dalam bahasa Bugis.
Berikut akan
disajikan cerita Rabiah Adawiyah dari ketiga versi tersebut yaitu versi Arab,
Versi Melayu, dan Versi Bugis berdasar kepada Tesis tentang “Suntingan Teks
Kisah Sitti Rabiatul Adawiyah dan Pengangkatan Muatan Lokal” oleh Sitti Gomo
Attas mahasiswa pascasarjana, program studi Ilmu Susastra, Fakultas Ilmu
Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.
Ringkasan
Cerita Versi Arab
Ketika
usianya hampir remaja Rabiah dijadikan budak. Namun, hal ini tidak membuatnya
putus harapan untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah. Setelah Rabiah
dibebaskan dari perbudakan, ia terus menjalankan ibadah kepada Allah.
Beberapa kali
laki-laki datang melamar Rabiah, tetapi selalu ia tolak. Diantara laki-laki
yang dating melamar Rabiah ada seorang yang berpengaruh di Basrah, namun
ditolak Rabiah dengan alasan bahwa ia hanya ingin beribadah kepada Allah .
Alasan lain Rabiah menolak lamaran laki-laki yang dating padanya karena mereka
tidak ada yang mampu menjawab masalah kehidupan sesudah mati, yang
dipertanyakan oleh Rabiah. Kehidupan sufi Rabiah yang mengabdikan dirinya
kepada Tuhan ia jalankan sampai akhir hidupnya, tanpa pernah menikah.
Ringkasan
Cerita Versi Melayu
Cerita
ini dimulai tatkala Rabiah berguru kepada Syekh Junaidi bin Saman farj. Gurunya
melamar Rabiah, namun ditolak ooleh Rabiah. Akhirnya Rabiah menerima lamaran
gurunya karena takut durhaka. Lamaran itu diterimanya hanya dengan khutbah
nikah, tetapi Rabiah meminta suaminya agar tidak menyentuhnya.
Setelah
suaminya wafat, Rabiah didatangi oleh empat syekh, yaitu Syekh Syari`at, Syekh
Tarikat, Syekh Hakikat, dan Syekh Makrifat. Keempat syekh dating melamar
Rabiah. Namun, ia tolak karena tidak bisa menjawab masalah tasawuf yang
diajukan oleh raja kepada keempat syekh itu. Hanya Rabiah yang mampu menjawab
semua pertanyaan itu. Raja Sa`id yang mengajukan pertanyaan tersebut kagum
kepada Rabiah dan melamarnya, tetapi sebelum Rabiah menerima lamaran Raja
Sa`id. Rabiah telah berpulang ke rahmatullah yang diikuti oleh Raja Sa`id.
Ringkasan
Cerita Versi Bugis
Kisah
ini dimulai ketika Sitti Rabiatul Adawiyah berguru kepada seorang syekh yang
bernama Zainul Arifin. Karena takut durhaka kepada gurunya, Rabiah pun menerima
lamaran yang diajukan oleh Zainul Arifin. Setelah gurunya yang sekaligus
menjadi suaminya meninggal dunia, Rabiah dilamar oleh empat bersaudara. Namun,
karena alasan bahwa suaminya baru meninggal maka Rabiah menolak lamaran
tersebut.
Setelah itu,
Rabiah didatangi oleh empat saudagar kaya yang ingin melamarnya. Namun, karena
empat saudagar itu tidak mampu menjawab pertanyaan Rabiah tentang isi dunia
yaitu laki-laki dan wanita, maka lamaran empat saudagar pun ditolak.
Selanjutnya,
datanglah seorang raja bernama Raja Akbar yang mempunyai pengetahuan agama yang
cukup tinggi dan mampu menjawab pertanyaan Rabiah tentang makna shalat di hari
kemudian. Raja Akbar dengan lancart menjawab semua pertanyaan Rabiah. Akhirnya,
rabiah dinikahkan dengan Raja Akbar sesuai dengan hokum yang berlaku dalam
perkawinan.
Setelah mereka
menikah, tidak lama kemudian Raja akbar dan Rabiah dikaruniai seorang puteri
yang diberi nama I Daramatasia. Raja Akbar pernah bernazar jika ia dapat
berjodoh dengan Rabiah dan memiliki seorang anaka perempuan, maka ia
akanmengawinkan dengan seorang ahli agama yang mengabdikan diri di jalana
Allah. Nazar itu diolaksanakan suami-istri (Raja Akbar dan Rabiah) untuk
menikahkan puterinya yang telah selesai belajar agama kepada ulama yang shaleh.
Selanjutnya
cerita ini menceritakan rumah tangga puteri Rabiah, I Daramatasia dengan
suaminya.
Dibawah ini
penulis sertakan kutipan Cerita Rabiah dalam versi Bugis yang diambil
dari iriantosyahkasim.multiply.com sebagai berikut : Cerita
Rabiah dalam versi Bugis mengungkap alur yang sarat dengan nilai-nilai budaya
yang dianggap sebagai penyemangat tokoh dalam menjalankan kehidupan. Nilai
budaya itu, yakni Siri’ dalam sistem perkawinan yang digambarkan dalam cerita
Rabiah. Selain itu, juga Siri dalam semangat merantau dan semangat belajar ilmu
agama.
Kisah
Rabiah Al Adawiyah dalam versi ini, memberikan penjelasan sistem adat dalam
budaya Bugis yang dikenal dengan istilah ‘Pangaderreng’. Panggaderreng dapat
diartikan sebagai keseluruhan norma yang meliputi bagaimana seseorang harus
bertingkah laku terhadap sesama manusia dan terhadap pranata sosialnya secara
timbal balik, dan yang menyebabkan adanya gerak (dinamis) masyarakat.
Unsur terakhir
dalam ‘Panggaderreng’ adalah sistem adat yang berasal dari ajaran Islam dan
masuk ke dalam “Panggaderreng’ setelah masuknya pengaruh Islam ke dalam
masyarakat Bugis sekitar Abad ke-17. Sistem adat masyarakat Bugis terdiri dari
lima unsur, yakni Ade’ (adat atau perlakuan budaya), Bicara (pertimbangan),
Rapang (Undang-Undang), Wari’ (klasifikasi atas segala peristiwa), dan Sara’
(hukum syariah). Kelima unsur tersebut terjalin satu sama lain sebagai satu
kesatuan organisasi dalam alam pikiran orang Bugis, yang memberi dasar sentimen
kewargaan masyarakat dan rasa harga diri yang semuanya terkandung dalam konsep
siri’. Selanjutnya, kata Sitti Gomo, konsep siri ini adalah nilai budaya yang
mengintegrasikan secara organisasi semua unsur ‘Panggaderreng’. Artinya konsep
Siri meliputi banyak aspek dalam kehidupan masyarakat dan kebudayaan orang
Bugis seperti yang tercermin dalam naskah Rabiah Al-Adawiyah versi Bugis. “C.H.
Salambasyah dan kawan-kawan memberikan batasan kata Siri dengan tiga golongan
pengertian, yakni Siri itu sama artinya dengan malu, Siri sebagai daya
pendorong untuk melenyapkan (membunuh), mengasingkan, dan mengusir terhadap
barang siapa atau apa yang menyinggung perasaan mereka, dan Siri itu sebagai
semangat (Summange) untuk membanting tulang, bekerja mati-matian untuk suatu
usaha.
RUBIAH AL
ADAWIYAH
Suatu
ketika, Rabiah al-Adawiyah makan bersama dengan keluarganya. Sebelum menyantap
hidangan makanan yang tersedia, Rabi’ah memandang ayahnya seraya berkata,
“Ayah, yang haram selamanya tak akan menjadi halal. Apalagi karena ayah merasa
berkewajiban memberi nafkah kepada kami.” Ayah dan ibunya terperanjat mendengar
kata-kata Rabi’ah. Makanan yang sudah di mulut akhirnya tak jadi dimakan. Ia
pandang Rabi’ah dengan pancaran sinar mata yang lembut, penuh kasih. Sambil
tersenyum, si ayah lalu berkata, “Rabi’ah, bagaimana pendapatmu, jika tidak ada
lagi yang bisa kita peroleh kecuali barang yang haram?” Rabi’ah menjawab: “Biar
saja kita menahan lapar di dunia, ini lebih baik daripada kita menahannya kelak
di akhirat dalam api neraka.” Ayahnya tentu saja sangat heran mendengar jawaban
Rabi’ah, karena jawaban seperti itu hanya didengarnya di majelis-majelis yang
dihadiri oleh para sufi atau orang-orang saleh. Tidak terpikir oleh ayahnya,
bahwa Rabi’ah yang masih muda itu telah memperlihatkan kematangan pikiran dan
memiliki akhlak yang tinggi (Abdul Mu’in Qandil).
Penggalan
kisah di atas sebenarnya hanya sebagian saja dari kemuliaan akhlak Rabi’ah
al-Adawiyah, seorang sufi wanita yang nama dan ajaran-ajarannya telah memberi
inspirasi bagi para pecinta Ilahi. Rabi’ah adalah seorang sufi legendaries.
Sejarah hidupnya banyak diungkap oleh berbagai kalangan, baik di dunia sufi
maupun akademisi. Rabi’ah adalah sufi pertama yang memperkenalkan ajaran Mahabbah
(Cinta) Ilahi, sebuah jenjang (maqam) atau tingkatan yang dilalui oleh seorang
salik (penempuh jalan Ilahi). Selain Rabi’ah al-Adawiyah, sufi lain yang
memperkenalkan ajaran mahabbah adalah Maulana Jalaluddin Rumi, sufi penyair
yang lahir di Persia tahun 604 H/1207 M dan wafat tahun 672 H/1273 M.
Jalaluddin Rumi banyak mengenalkan konsep Mahabbah melalui syai’ir-sya’irnya,
terutama dalam Matsnawi dan Diwan-i Syam-I Tabriz.
Sepanjang
sejarahnya, konsep Cinta Ilahi (Mahabbatullah) yang diperkenalkan Rabi’ah ini
telah banyak dibahas oleh berbagai kalangan. Sebab, konsep dan ajaran Cinta
Rabi’ah memiliki makna dan hakikat yang terdalam dari sekadar Cinta itu
sendiri. Bahkan, menurut kaum sufi, Mahabbatullah tak lain adalah sebuah maqam
(stasiun, atau jenjang yang harus dilalui oleh para penempuh jalan Ilahi untuk
mencapai ridla Allah dalam beribadah) bahkan puncak dari semua maqam. Hujjatul
Islam Imam al-Ghazali misalnya mengatakan, “Setelah Mahabbatullah, tidak ada
lagi maqam, kecuali hanya merupakan buah dari padanya serta mengikuti darinya,
seperti rindu (syauq), intim (uns), dan kepuasan hati (ridla)”.
Rabi’ah telah mencapai puncak dari maqam itu, yakni Mahabbahtullah. Untuk menjelaskan bagaimana Cinta Rabi’ah kepada Allah, tampaknya agak sulit untuk didefinisikan dengan kata-kata. Dengan kata lain, Cinta Ilahi bukanlah hal yang dapat dielaborasi secara pasti, baik melalui kata-kata maupun simbol-simbol. Para sufi sendiri berbeda-beda pendapat untuk mendefinisikan Cinta Ilahi ini. Sebab, pendefinisian Cinta Ilahi lebih didasarkan kepada perbedaan pengalaman spiritual yang dialami oleh para sufi dalam menempuh perjalanan ruhaninya kepada Sang Khalik. Cinta Rabi’ah adalah Cinta spiritual (Cinta qudus), bukan Cinta al-hubb al-hawa (cinta nafsu) atau Cinta yang lain. Ibnu Qayyim al-Jauziyah (691-751 H) membagi Cinta menjadi empat bagian.
Rabi’ah telah mencapai puncak dari maqam itu, yakni Mahabbahtullah. Untuk menjelaskan bagaimana Cinta Rabi’ah kepada Allah, tampaknya agak sulit untuk didefinisikan dengan kata-kata. Dengan kata lain, Cinta Ilahi bukanlah hal yang dapat dielaborasi secara pasti, baik melalui kata-kata maupun simbol-simbol. Para sufi sendiri berbeda-beda pendapat untuk mendefinisikan Cinta Ilahi ini. Sebab, pendefinisian Cinta Ilahi lebih didasarkan kepada perbedaan pengalaman spiritual yang dialami oleh para sufi dalam menempuh perjalanan ruhaninya kepada Sang Khalik. Cinta Rabi’ah adalah Cinta spiritual (Cinta qudus), bukan Cinta al-hubb al-hawa (cinta nafsu) atau Cinta yang lain. Ibnu Qayyim al-Jauziyah (691-751 H) membagi Cinta menjadi empat bagian.
Pertama,
mencintai Allah. Dengan mencintai Allah seseorang belum tentu selamat dari azab
Allah, atau mendapatkan pahala-Nya, karena orang-orang musyrik, penyembah
salib, Yahudi, dan lain-lain juga mencintai Allah.
Kedua,
mencintai apa-apa yang dicintai Allah. Cinta inilah yang dapat menggolongkan
orang yang telah masuk Islam dan mengeluarkannya dari kekafiran. Manusia yang
paling Cintai adalah yang paling kuat dengan cinta ini.
Ketiga, Cinta
untuk Allah dan kepada Allah. Cinta ini termasuk perkembangan dari mencintai
apa-apa yang dicintai Allah.
Keempat, Cinta
bersama Allah. Cinta jenis ini syirik. Setiap orang mencintai sesuatu bersama
Allah dan bukan untuk Allah, maka sesungguhnya dia telah menjadikan sesuatu
selain Allah. Inilah cinta orang-orang musyrik.
Pokok ibadah,
menurut Ibnu Qayyim, adalah Cinta kepada Allah, bahkan mengkhususkan hanya
Cinta kepada Allah semata. Jadi, hendaklah semua Cinta itu hanya kepada Allah,
tidak mencintai yang lain bersamaan mencintai-Nya. Ia mencintai sesuatu itu
hanyalah karena Allah dan berada di jalan Allah.
Cinta sejati
adalah bilamana seluruh dirimu akan kau serahkan untukmu Kekasih (Allah),
hingga tidak tersisa sama sekali untukmu (lantaran seluruhnya sudah engkau
berikan kepada Allah) dan hendaklah engkau cemburu (ghirah), bila ada orang
yang mencintai Kekasihmu melebihi Cintamu kepada-Nya. Sebuah sya’ir mengatakan:
Aku cemburu
kepada-Nya,Karena aku Cinta kepada-Nya, Setelah itu aku teringat akan kadar
Cintaku, Akhirnya aku dapat mengendalikan cemburuku Oleh karena itu, setiap
Cinta yang bukan karena Allah adalah bathil. Dan setiap amalan yang tidak
dimaksudkan karena Allah adalah bathil pula. Maka dunia itu terkutuk dan apa
yang ada di dalamnya juga terkutuk, kecuali untuk Allah dan Rasul-Nya.
Rabi’ah
adalah anak keempat dari empat saudara. Semuanya perempuan. Ayahnya menamakan
Rabi’ah, yang artinya “empat”, tak lain karena ia merupakan anak keempat dari
keempat saudaranya itu. Pernah suatu ketika ayahnya berdoa agar ia dikaruniai
seorang anak laki-laki. Keinginan untuk memperoleh anak laki-laki ini
disebabkan karena keluarga Rabi’ah bukanlah termasuk keluarga yang kaya raya,
tapi sebaliknya hidup serba kekurangan dan penuh penderitaan. Setiap hari
ayahnya kerap memeras keringat untuk menghidupi keluarganya, sementara
anak-anaknya saat itu masih terbilang kecil-kecil. Apalagi dengan kehadiran
Rabi’ah, beban penderitaan ayahnya pun dirasakan semakin bertambah berat,
sehingga bila kelak dikaruniai anak laki-laki, diharapkan beban penderitaan itu
akan berkurang karena anak laki-laki bisa melindungi seluruh keluarganya. Atau
paling tidak bisa membantu ayahnya untuk mencari penghidupan.
Sekalipun
keluarganya berada dalam kehidupan yang serba kekurangan, namun ayah Rabi’ah
selalu hidup zuhud dan penuh kesalehan. Begitu pun Rabi’ah, yang meskipun sejak
kecil hingga dewasanya hidup serba kekurangan, namun ia sama sekali tidak
menciutkan hatinya untuk terus beribadah kepada Allah. Sebaliknya, kepapaan
keluarganya ia jadikan sebagai kunci untuk memasuki dunia sufi, yang kemudian
melegendakan namanya sebagai salah seorang martir sufi wanita di antara deretan
sejarah para sufi.
Rabi’ah memang tidak mewarisi karya-karya sufistik, termasuk sya’ir-sya’ir Cinta Ilahinya yang kerap ia senandungkan. Namun begitu, Sya’ir-sya’ir sufistiknya justru banyak dikutip oleh para penulis biografi Rabi’ah, antara lain J. Shibt Ibnul Jauzi (w. 1257 M) dengan karyanya Mir’at az-Zaman (Cermin Abad Ini), Ibnu Khallikan (w. 1282 M) dengan karyanya Wafayatul A’yan (Obituari Para Orang Besar), Yafi’I asy-Syafi’i (w. 1367 M) dengan karyanya Raudl ar-Riyahin fi Hikayat ash-Shalihin (Kebun Semerbak dalam Kehidupan Para Orang Saleh), dan Fariduddin Aththar (w. 1230 M) dengan karyanya Tadzkirat al-Auliya’ (Memoar Para Wali).
Rabi’ah memang tidak mewarisi karya-karya sufistik, termasuk sya’ir-sya’ir Cinta Ilahinya yang kerap ia senandungkan. Namun begitu, Sya’ir-sya’ir sufistiknya justru banyak dikutip oleh para penulis biografi Rabi’ah, antara lain J. Shibt Ibnul Jauzi (w. 1257 M) dengan karyanya Mir’at az-Zaman (Cermin Abad Ini), Ibnu Khallikan (w. 1282 M) dengan karyanya Wafayatul A’yan (Obituari Para Orang Besar), Yafi’I asy-Syafi’i (w. 1367 M) dengan karyanya Raudl ar-Riyahin fi Hikayat ash-Shalihin (Kebun Semerbak dalam Kehidupan Para Orang Saleh), dan Fariduddin Aththar (w. 1230 M) dengan karyanya Tadzkirat al-Auliya’ (Memoar Para Wali).
Dari
sekian banyak penulis biografi Rabi’ah, Tadzkirat al-Awliya’ karya Fariduddin
Aththar tampaknya dianggap sebagai buku biografi yang paling mendekati
kehidupan Rabi’ah, terutama ketika awal-awal Rabi’ah akan lahir di tengah
keluarga yang sangat miskin itu (tapi ada yang menyebutkan bahwa keluarga
Rabi’ah sebenarnya termasuk keturunan bangsawan). Riwayat Aththar, yang dikutip
Margaret Smith dalam bukunya Rabi’a the Mystic & Her Fellow-Saints in Islam
(sebuah disertasi, terbitan Cambridge University Press, London, 1928), antara
lain banyak mengungkap sisi-sisi kehidupan Rabi’ah sejak kecil hingga
dewasanya.
Diceritakan,
sewaktu bayi Rabi’ah lahir malam hari, di rumahnya sama sekali tidak ada minyak
sebagai bahan untuk penerangan, termasuk kain pembungkus untuk bayi Rabi’ah.
Karena tak ada alat penerangan, ibunya lalu meminta sang suami, Ismail, untuk
mencari minyak di rumah tetangga. Namun, karena suaminya terlanjur berjanji
untuk tidak meminta bantuan pada sesama manusia (kecuali pada Tuhan), Ismail
pun terpaksa pulang dengan tangan hampa. Saat Ismail tertidur untuk menunggui
putri keempatnya yang baru lahir tersebut, ia kemudian bermimpi didatangi oleh
Nabi Muhammad Saw dan bersabda: “Janganlah bersedih hati, sebab anak
perempuanmu yang baru lahir ini adalah seorang suci yang agung, yang
pengaruhnya akan dianut oleh 7.000 umatku.” Nabi kemudian bersabda lagi: “Besok
kirimkan surat kepada Isa Zadzan, Amir kota Basrah, ingatkanlah kepadanya bahwa
ia biasanya bershalawat seratus kali untukku dan pada malam Jum’at sebanyak
empat ratus kali, tetapi malam Jum’at ini ia melupakanku, dan sebagai
hukumannya ia harus membayar denda kepadamu sebanyak empat ratus dinar.”
Ayah
Rabi’ah kemudian terbangun dan menangis. Tak lama, ia pun menulis surat dan
mengirimkannya kepada Amir kota Basrah itu yang dititipkan kepada pembawa surat
pemimpin kota itu. Ketika Amir selesai membaca surat itu, ia pun berkata:
“Berikan dua ribu dinar ini kepada orang miskin itu sebagai tanda terima
kasihku, sebab Nabi telah mengingatkanku untuk memberi empat ratus dinar kepada
orang tua itu dan katakanlah kepadanya bahwa aku ingin agar ia menghadapku
supaya aku dapat bertemu dengannya. Tetapi aku rasa tidaklah tepat bahwa orang
seperti itu harus datang kepadaku, akulah yang akan datang kepadanya dan
mengusap penderitaannya dengan janggutku.”
Aththar
juga menceritakan mengenai nasib malang yang menimpa keluarga Rabi’ah. Saat
Rabi’ah menginjak dewasa, ayah dan ibunya kemudian meninggal dunia. Jadilah
kini ia sebagai anak yatim piatu. Penderitaan Rabi’ah terus bertambah, terutama
setelah kota Basrah dilanda kelaparan hebat. Rabi’ah dan suadara-saudaranya
terpaksa harus berpencar, sehingga ia harus menanggung beban penderitaan itu
sendirian.
Suatu
hari, ketika sedang berejalan-jalan di kota Basrah, ia berjumpa dengan seorang
laki-laki yang memiliki niat buruk. Laki-laki itu lalu menarik Rabi’ah dan
menjualnya sebagai seorang budak seharga enam dirham kepada seorang laki-laki.
Dalam statusnya sebagai budak, Rabi’ah benar-benar diperlakukan kurang
manusiawi. Siang malam tenaga Rabi’ah diperas tanpa mengenal istirahat. Suatu
ketika, ada seorang laki-laki asing yang datang dan melihat Rabi’ah tanpa
mengenakan cadar. Ketika laki-laki itu mendekatinya, Rabi’ah lalu meronta dan
kemudian jatuh terpeleset. Mukanya tersungkur di pasir panas dan berkata: “Ya
Allah, aku adalah seorang musafir tanpa ayah dan ibu, seorang yatim piatu dan
seorang budak. Aku telah terjatuh dan terluka, meskipun demikian aku tidak
bersedih hati oleh kejadian ini, hanya aku ingin sekali ridla-Mu. Aku ingin
sekali mengetahui apakah Engkau Ridla terhadapku atau tidak.” Setelah itu, ia
mendengar suara yang mengatakan, “Janganlah bersedih, sebab pada saat Hari
Perhitungan nanti derajatmu akan sama dengan orang-orang yang terdekat dengan
Allah di dalam surga.”
Setelah
itu, Rabi’ah kembali pulang pada tuannya dan tetap menjalankan ibadah puasa
sambil melakukan pekerjaannya sehari-hari. Konon, dalam menjalankan ibadah itu,
ia sanggup berdiri di atas kakinya hingga siang hari.
Pada
suatu malam, tuannya sempat terbangun dari tidurnya dan dari jendela kamarnya
ia melihat Rabi’ah sedang sujud beribadah. Dalam shalatnya Rabi’ah berdoa, “Ya
Allah, ya Tuhanku, Engkau-lah Yang Maha Mengetahui keinginan dalam hatiku untuk
selalu menuruti perintah-perintah-Mu. Jika persoalannya hanyalah terletak
padaku, maka aku tidak akan henti-hentinya barang satu jam pun untuk beribadah
kepada-Mu, ya Allah. Karena Engkau-lah yang telah menciptakanku.” Tatkala
Rabi’ah masih khusyuk beribadah, tuannya tampak melihat ada sebuah lentera yang
tergantung di atas kepala Rabi’ah tanpa ada sehelai tali pun yang mengikatnya.
Lentera yang menyinari seluruh rumah itu merupakan cahaya “sakinah” (diambil
dari bahasa Hebrew “Shekina”, artinya cahaya Rahmat Tuhan) dari seorang
Muslimah suci.
Melihat
peristiwa aneh yang terjadi pada budaknya itu, majikan Rabi’ah tentu saja
merasa ketakutan. Ia kemudian bangkit dan kembali ke tempat tidurnya semula.
Sejenak ia tercenung hingga fajar menyingsing. Tak lama setelah itu ia
memanggil Rabi’ah dan bicara kepadanya dengan baik-baik seraya membebaskan
Rabi’ah sebagai budak. Rabi’ah pun pamitan pergi dan meneruskan pengembaraannya
di padang pasir yang tandus.
Dalam
pengembaraannya Rabi’ah berkeinginan sekali untuk pergi ke Mekkah menunaikan
ibadah haji. Akhirnya, ia berangkat juga dengan ditemani seekor keledai sebagai
pengangkut barang-barangnya. Sayangnya, belum lagi perjalanan ke Mekkah sampai,
keledai itu tiba-tiba mati di tengah jalan. Ia kemudian berjumpa dengan
serombongan kafilah dan mereka menawarkan kepada Rabi’ah untuk membawakan
barang-barang miliknya. Namun, tawaran itu ditolaknya baik-baik dengan alasan
tak ingin meminta bantuan kepada bukan selain Tuhannya. Ia hanya percaya pada
bantuan Allah dan tidak percaya pada makhluk ciptaan-Nya.
Orang-orang
itu pun memahami keinginan Rabi’ah, sehingga mereka meneruskan perjalanannya.
Rabi’ah terdiam dan kemudian menundukkan kepalanya sambil berdoa, “Ya Allah,
apalagi yang akan Engkau lakukan dengan seorang perempuan asing dan lemah ini?
Engkau-lah yang memanggilku ke rumah-Mu (Ka’bah), tetapi di tengah jalan Engkau
mengambil keledaiku dan membiarkan aku seorang diri di tengah padang pasir
ini.”
Setelah
asyik bermunajat, di depan Rabi’ah tampak keledai yang semula mati itu pun
hidup kembali. Rabi’ah tentu saja gembira karena bisa meneruskan perjalannya ke
Mekkah.
Dalam cerita yang berbeda disebutkan, saat Rabi’ah berada di tengah padang pasir, ia berdoa, “Ya Allah, ya Tuhanku. Hatiku ini merasa bingung sekali, ke mana aku harus pergi? Aku hanyalah debu di atas bumi ini dan rumah itu (Ka’bah) hanyalah sebuah batu bagiku. Tampakkanlah wajah-Mu di tempat yang mulia ini.” Bgeitu ia berdoa sehingga muncul suara Allah dan langsung masuk ke dalam hatinya tanpa ada jarak, “Wahai Rabi’ah, ketika Musa ingin sekali melihat wajah-Ku, Aku hancurkan Gunung Sinai dan terpecah menjadi empat puluh potong. Tetaplah berada di situ dengan Nama-Ku.”
Dalam cerita yang berbeda disebutkan, saat Rabi’ah berada di tengah padang pasir, ia berdoa, “Ya Allah, ya Tuhanku. Hatiku ini merasa bingung sekali, ke mana aku harus pergi? Aku hanyalah debu di atas bumi ini dan rumah itu (Ka’bah) hanyalah sebuah batu bagiku. Tampakkanlah wajah-Mu di tempat yang mulia ini.” Bgeitu ia berdoa sehingga muncul suara Allah dan langsung masuk ke dalam hatinya tanpa ada jarak, “Wahai Rabi’ah, ketika Musa ingin sekali melihat wajah-Ku, Aku hancurkan Gunung Sinai dan terpecah menjadi empat puluh potong. Tetaplah berada di situ dengan Nama-Ku.”
Diceritakan
pula, saat Rabi’ah dalam perjalanannya ke Mekkah, tiba-tiba di tengah ia
melihat Ka’bah datang menghampiri dirinya. Rabi’ah lalu berkata, “Tuhanlah yang
aku rindukan, apakah artinya rumah ini bagiku? Aku ingin sekali bertemu
dengan-Nya yang mengatakan, ‘Barangsiapa yang mendekati Aku dengan jarak
sehasta, maka Aku akan berada sedekat urat nadinya.’ Ka’bah yang aku lihat ini
tidak memiliki kekuatan apa pun terhadap diriku, kegembiraan apa yang aku
dapatkan apabila Ka’bah yang indah ini dihadapkan pada diriku?” Singkat cerita,
sekembalinya Rabi’ah dari menunaikan ibadah haji di Mekkah, ia kemudian menetap
di Basrah dan mengabdikan seluruh hidupnya untuk beribadah kepada Allah seraya
melakukan perbuatan-perbuatan mulia.
Sebagaimana
yang banyak ditulis dalam biografi Rabi’ah al-Adawiyah, wanita suci ini sama
sekali tidak memikirkan dirinya untuk menikah. Sebab, menurut Rabi’ah, jalan
tidak menikah merupakan tindakan yang tepat untuk melakukan pencarian Tuhan
tanpa harus dibebani oleh urusan-urusan keduniawian. Padahal, tidak sedikit
laki-laki yang berupaya untuk mendekati Rabi’ah dan bahkan meminangnya. Di
antaranya adalah Abdul Wahid bin Zayd, seorang sufi yang zuhud dan wara. Ia
juga seorang teolog dan termasuk salah seorang ulama terkemuka di kota
Basrah.
Suatu
ketika, Abdul Wahid bin Zayd sempat mencoba meminang Rabi’ah. Tapi lamaran itu
ditolaknya dengan mengatakan, “Wahai laki-laki sensual, carilah perempuan
sensual lain yang sama dengan mereka. Apakah engkau melihat adanya satu tanda
sensual dalam diriku?”
Laki-laki
lain yang pernah mengajukan lamaran kepada Rabi’ah adalah Muhammad bin Sulaiman
al-Hasyimi, seorang Amir Abbasiyah dari Basrah (w. 172 H). Untuk berusaha
mendapatkan Rabi’ah sebagai istrinya, laki-laki itu sanggup memberikan mahar
perkawinan sebesar 100 ribu dinar dan juga memberitahukan kepada Rabi’ah bahwa
ia masih memiliki pendapatan sebanyak 10 ribu dinar tiap bulan. Tetapi dijawab
oleh Rabi’ah, ”Aku sungguh tidak merasa senang bahwa engkau akan menjadi
budakku dan semua milikmu akan engkau berikan kepadaku, atau engkau akan
menarikku dari Allah meskipun hanya untuk beberapa saat.”
Dalam kisah lain disebutkan, ada laki-laki sahabat Rabi’ah bernama Hasan al-Bashri yang juga berniat sama untuk menikahi Rabi’ah. Bahkan para sahabat sufi lain di kota itu mendesak Rabi’ah untuk menikah dengan sesama sufi pula. Karena desakan itu, Rabi’ah lalu mengatakan, “Baiklah, aku akan menikah dengan seseorang yang paling pintar di antara kalian.” Mereka mengatakan Hasan al-Bashri lah orangnya.” Rabi’ah kemudian mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Jika engkau dapat menjawab empat pertanyaanku, aku pun akan bersedia menjadi istrimu.” Hasan al-Bashri berkata, “Bertanyalah, dan jika Allah mengizinkanku, aku akan menjawab pertanyaanmu.”
Dalam kisah lain disebutkan, ada laki-laki sahabat Rabi’ah bernama Hasan al-Bashri yang juga berniat sama untuk menikahi Rabi’ah. Bahkan para sahabat sufi lain di kota itu mendesak Rabi’ah untuk menikah dengan sesama sufi pula. Karena desakan itu, Rabi’ah lalu mengatakan, “Baiklah, aku akan menikah dengan seseorang yang paling pintar di antara kalian.” Mereka mengatakan Hasan al-Bashri lah orangnya.” Rabi’ah kemudian mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Jika engkau dapat menjawab empat pertanyaanku, aku pun akan bersedia menjadi istrimu.” Hasan al-Bashri berkata, “Bertanyalah, dan jika Allah mengizinkanku, aku akan menjawab pertanyaanmu.”
“Pertanyaan
pertama,” kata Rabi’ah, “Apakah yang akan dikatakan oleh Hakim dunia ini saat
kematianku nanti, akankah aku mati dalam Islam atau murtad?” Hasan menjawab,
“Hanya Allah Yang Maha Mengetahui yang dapat menjawab.”
“Pertanyaan
kedua, pada waktu aku dalam kubur nanti, di saat Malaikat Munkar dan Nakir
menanyaiku, dapatkah aku menjawabnya?” Hasan menjawab, “Hanya Allah Yang Maha
Mengetahui.”
“Pertanyaan
ketiga, pada saat manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar di Hari Perhitungan
(Yaumul Hisab) semua nanti akan menerima buku catatan amal di tangan kanan dan
di tangan kiri. Bagaimana denganku, akankah aku menerima di tangan kanan atau
di tangan kiri?” Hasan kembali menjawab, “Hanya Allah Yang Maha Tahu.”
“Pertanyaan
terakhir, pada saat Hari Perhitungan nanti, sebagian manusia akan masuk surga
dan sebagian lain masuk neraka. Di kelompok manakah aku akan berada?” Hasan
lagi-lagi menjawab seperti jawaban semula bahwa hanya Allah saja Yang Maha
Mengetahui semua rahasia yang tersembunyi itu.
Selanjutnya,
Rabi’ah mengatakan kepada Hasan al-Bashri, “Aku telah mengajukan empat
pertanyaan tentang diriku, bagaiman aku harus bersuami yang kepadanya aku
menghabiskan waktuku dengannya?” Dalam penolakannya itu pula, Rabi’ah lalu
menyenandungkan sebuah sya’ir yang cukup indah.
Damaiku,
wahai saudara-saudaraku, Dalam kesendirianku, Dan kekasihku bila selamanya
bersamaku, Karena cintanya itu, Tak ada duanya, Dan cintanya itu mengujiku, Di
antara keindahan yang fana ini, Pada saat aku merenungi Keindahan-Nya, Dia-lah
“mirabku”, Dia-lah “kiblatku”, Jika aku mati karena cintaku, Sebelum aku
mendapatkan kepuasaanku, Amboi, alangkah hinanya hidupku di dunia ini, Oh,
pelipur jiwa yang terbakar gairah, Juangku bila menyatu dengan-Mu telah melipur
jiwaku, Wahai Kebahagiaanku dan Hidupku selamanya, Engkau-lah sumber hidupku, Dan
dari-Mu jua datang kebahagiaanku, Telah kutanggalkan semua keindahan fana ini
dariku, Harapku dapat menyatu dengan-Mu, Karena itulah hidup kutuju.
Begitulah,
meskipun sebagai manusia, Rabi’ah tak pernah tergoda sedikit pun oleh berbagai
keindahan dunia fana. Sampai wafatnya, ia hanya lebih memilih Allah sebagai
Kekasih sejatinya semata ketimbang harus bercinta dengan sesama manusia.
Meskipun demikian, disebutkan bahwa Rabi’ah memiliki sejumlah sahabat pria, dan
sangat sedikit sekali ia bersahabat dengan kaum perempuan. Di antara
sahabat-sahabat Rabi’ah yang cukup dekat misalnya Dzun Nun al-Mishri, seorang
sufi Mesir yang memperkenalkan ajaran doktrin ma’rifat. Sufi ini meninggal pada
tahun 856 M dan sempat bersahabat dengan Rabi’ah selama kurang lebih setengah
abad. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa pertemuan antara Dzun Nun al-Mishri
dengan Rabi’ah ini terjadi sejak awal-awal usianya.
Di
kalangan para sahabat sufi-nya itu, Rabi’ah banyak sekali berdiskusi dan
berbincang tentang Kebenaran, baik siang maupun malam. Salah seorang sahabat
Rabi’ah, Hasan al-Bashri, misalnya menceritakan: “Aku lewati malam dan siang
hari bersama-sama dengan Rabi’ah, berdiskusi tentang Jalan dan Kebenaran, dan
tak pernah terlintas dalam benakku bahwa aku adalah seorang laki-laki dan
begitu juga Rabi’ah, tak pernah ada dalam pikirannya bahwa ia seorang
perempuan, dan akhirnya aku menengok dalam diriku sendiri, baru kusadari bahwa
diriku tak memiliki apa-apa, yaitu secara spiritual aku tidak berharga,
Rabi’ah-lah yang sesungguhnya sejati.
Dalam
kisah lain, diceritakan bahwa pada suatu hari Rabi’ah melewati lorong rumah
Hasan al-Bashri. Hasan melihatnya melalui jendela dan menangis, hingga air
matanya jatuh menetes mengenai jubah Rabi’ah. Ia menengadah ke atas, dan
berpikir bahwa hari tidaklah hujan, dan ketika ia menyadari bahwa itu air mata
sahabatnya, lalu dihampirinya sahabat yang sedang menangis tersebut seraya
berkata, “Wahai guruku, air itu hanyalah air mata kesombongan diri saja dan
bukan akibat dari melihat ke dalam hatimu, di mana dalam hatimu air itu akan
membentuk sungai yang di dalamnya tidak akan engkau dapati lagi hatimu, kecuali
ia telah bersama dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.” Setelah mendengar kata-kata
Rabi’ah itu, Hasan tampak hanya bisa berdiam diri.
kalangan
para sahabatnya, kehidupan Rabi’ah dirasakan banyak memberi manfaat. Hal ini
dikarenakan Rabi’ah banyak sekali memperhatikan kehidupan mereka. Perhatian
Rabi’ah yang cukup besar kepada para sahabatnya itu, misalnya saja dibuktikan
dengan kisah sebagai berikut: Suatu ketika, ada seorang laki-laki yang meminta
agar Rabi’ah mendoakan untuk dirinya. Tapi permohonan itu dibalas oleh Rabi’ah
dengan rasa rendah hati, “Wahai, siapakah diriku ini? Turutlah perintah Allah
dan berdoalah kepada-Nya, sebab Dia akan menjawab semua doa bila engkau
memohonnya.”
Ke-zuhud-an
Rabi’ah al-Adawiyah Sebagaimana diungkapkan terdahulu, Rabi’ah sejak kecil
sudah memiliki karakter yang tidak begitu banyak memperhatikan kehidupan
duniawi. Hidupnya sederhana dan sangat besar hati-hatinya terhadap makanan
apapun yang masuk ke dalam perutnya. Bahkan saking zuhudnya, Rabi’ah sering
menolak setiap bantuan yang datang dari para sahabatnya, tetapi sebaliknya
Rabi’ah malah menyibukkan diri untuk melayani Tuhannya. Selepas dirinya dari
perbudakan, Rabi’ah memilih hidup menyendiri di sebuah gubuk sederhana di kota
Basrah tempat kelahirannya. Ia meninggalkan kehidupan duniawi dan hidup hanya
untuk beribadah kepada Allah.
Tampaknya,
keinginan untuk hidup zuhud dari kehidupan duniawi ini benar-benar ia jalankan
secara konsisten. Pernah misalnya Al-Jahiz, seorang sufi generasi tua,
menceritakan bahwa beberapa dari sahabatnya mengatakan kepada Rabi’ah,
“Andaikan kita mengatakan kepada salah seorang keluargamu, pasti mereka akan
memberimu seorang budak, yang akan melayani kebutuhanmu di rumah ini.” Tetapi
ia menjawab, “Sungguh, aku sangat malu meminta kebutuhan duniawi kepada Pemilik
dunia ini, bagaimana aku harus meminta kepada yang bukan memiliki dunia ini?”
Tiba-tiba terdengar suara mengatakan:
“Jika engkau menginginkan dunia ini, maka akan Aku berikan semua dan Aku berkahi, tetapi Aku akan menyingkir dari dalam kalbumu, sebab Aku tak mungkin berada di dalam kalbu yang memiliki dunia ini. Wahai Rabi’ah, Aku mempunyai Kehendak dan begitu juga denganmu. Aku tidak mungkin menggabungkan dua kehendak itu di dalam satu kalbu.”
Rabi’ah kemudian mengatakan, “Ketika mendengar peringatan itu, kutanggalkan hati ini dari dunia dan kuputuskan harapan duniawiku selama tiga puluh tahun. Aku salat seakan-akan ini terkahir kalinya, dan pada siang hari aku mengurung diri menjauhi makhluk lainnya, aku takut mereka akan menarikku dari diri-Nya, maka akau katakana, “Ya Tuhan, sibukkanlah hati ini dengan hanya menyebut-Mu, jangan Engkau biarkan mereka menarikku dari-Mu.”
Sebagai seorang zahid, Rabi’ah senantiasa bermunajat kepada Allah agar dihindarkan dari ketergantungannya kepada manusia. Namun, perjalanan zuhud yang dialami Rabi’ah tampaknya tidak mudah begitu saja dilalui. Di depan, banyak tantangan dan cobaan yang harus ia hadapi. Kenyataan-kenyataan itu memang wajar, karena sebagai manusia, tak mungkin dirinya hanya bergantung kepada Allah semata. Meskipun demikian, Rabi’ah tetap berusaha untuk menghindari apapun bantuan yang datang selain dari Allah, sehingga sekalipun ia hidup dalam kemiskinan (faqr), namun kemiskinannya dianggap sebagai bagian dari kasih sayang Allah kepada Rabi’ah.
“Jika engkau menginginkan dunia ini, maka akan Aku berikan semua dan Aku berkahi, tetapi Aku akan menyingkir dari dalam kalbumu, sebab Aku tak mungkin berada di dalam kalbu yang memiliki dunia ini. Wahai Rabi’ah, Aku mempunyai Kehendak dan begitu juga denganmu. Aku tidak mungkin menggabungkan dua kehendak itu di dalam satu kalbu.”
Rabi’ah kemudian mengatakan, “Ketika mendengar peringatan itu, kutanggalkan hati ini dari dunia dan kuputuskan harapan duniawiku selama tiga puluh tahun. Aku salat seakan-akan ini terkahir kalinya, dan pada siang hari aku mengurung diri menjauhi makhluk lainnya, aku takut mereka akan menarikku dari diri-Nya, maka akau katakana, “Ya Tuhan, sibukkanlah hati ini dengan hanya menyebut-Mu, jangan Engkau biarkan mereka menarikku dari-Mu.”
Sebagai seorang zahid, Rabi’ah senantiasa bermunajat kepada Allah agar dihindarkan dari ketergantungannya kepada manusia. Namun, perjalanan zuhud yang dialami Rabi’ah tampaknya tidak mudah begitu saja dilalui. Di depan, banyak tantangan dan cobaan yang harus ia hadapi. Kenyataan-kenyataan itu memang wajar, karena sebagai manusia, tak mungkin dirinya hanya bergantung kepada Allah semata. Meskipun demikian, Rabi’ah tetap berusaha untuk menghindari apapun bantuan yang datang selain dari Allah, sehingga sekalipun ia hidup dalam kemiskinan (faqr), namun kemiskinannya dianggap sebagai bagian dari kasih sayang Allah kepada Rabi’ah.
Dalam
satu kisah misalnya disebutkan, sahabatnya Malik bin Dinar pada suatu waktu
mendapati Rabi’ah sedang terbaring sakit di atas tikar tua dan lusuh, serta
batu bata sebagai bantal di kepalanya. Melihat pemandangan seperti itu, Malik
lalu berkata pada Rabi’ah, “Aku memiliki teman-teman yang kaya dan jika engkau
membutuhkan bantuan aku akan meminta kepada mereka.” Rabi’ah mengatakan, “Wahai
Malik, engkau salah besar. Bukankah Yang memberi mereka dan aku makan sama?”
Malik menjawab, “Ya, memang sama.” Rabi’ah mengatakan, “Apakah Allah akan lupa
kepada hamba-Nya yang miskin dikarenakan kemiskinannya dan akankah Dia ingat
kepada hamba-Nya yang kaya dikarenakan kekayaannya?” Malik menyahut, “Tidak.”
Rabi’ah lalu kembali mengatakan, “Karena Dia mengetahui keadaanku, mengapa aku
harus mengingatkan-Nya? Apa yang diinginkan-Nya, kita harus menerimanya.”
Sikap
zuhud yang ditampilkan Rabi’ah sesungguhnya tiada lain agar ia hanya lebih
mencintai Allah ketimbang makhluk-makhluknya. Karena itu, hidup dalam kefakiran
baginya bukanlah halangan untuk beribadah dan lebih dekat dengan Tuhannya. Dan,
toh, Rabi’ah menganggap bahwa kefakiran adalah suatu takdir, yang karenanya ia
harus terima dengan penuh keikhlasan. Kebahagiaan dan penderitaan, demikian
menurut Rabi’ah, adalah datang dari Allah. Dan dalam perjalanannya sufistiknya
itu, Rabi’ah sendiri telah melaksanakan pesan Rasulullah: “Zuhudlah engkau pada
dunia, pasti Allah akan mencintaimu. Zuhudlah pada apa yang ada pada manusia,
pasti manusia akan mencintaimu.”
Cinta
Ilahi Rabi’ah al-Adawiyah
Cinta
Ilahi (al-Hubb al-Ilah) dalam pandangan kaum sufi memiliki nilai tertinggi.
Bahkan kedudukan mahabbah dalam sebuah maqamat sufi tak ubahnya dengan maqam
ma’rifat, atau antara mahabbah dan ma’rifat merupakan kembar dua yang satu sama
lain tidak bisa dipisahkan. Abu Nashr as-Sarraj ath-Thusi mengatakan, cinta
para sufi dan ma’rifat itu timbul dari pandangan dan pengetahuan mereka tentang
cinta abadi dan tanpa pamrih kepada Allah. Cinta itu timbul tanpa ada maksud
dan tujuan apa pun.
Apa
yang diajarkan Rabi’ah melalui mahabbah-nya, sebenarnya tak berbeda jauh dengan
yang diajarkan Hasan al-Bashri dengan konsep khauf (takut) dan raja’ (harapan).
Hanya saja, jika Hasan al-Bahsri mengabdi kepada Allah didasarkan atas
ketakutan masuk neraka dan harapan untuk masuk surga, maka mahabbah Rabi’ah
justru sebaliknya. Ia mengabdi kepada Allah bukan lantaran takut neraka maupun
mengharapkan balasan surga, namun ia mencinta Allah lebih karena Allah semata.
Sikap cinta kepada dan karena Allah semata ini misalnya tergambar dalam sya’ir
Rabi’ah sebagai berikut:
Ya
Allah, jika aku menyembah-Mu, karena takut pada neraka, maka bakarlah aku di dalam
neraka. Dan jika aku menyembah-Mu karena mengharapkan surga, campakkanlah
aku dari dalam surga. Tetapi jika aku menyembah-Mu, demi Engkau, janganlah
Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu, yang Abadi kepadaku.
Cinta
Rabi’ah kepada Allah sebegitu kuat membelenggu hatinya, sehingga hatinya pun
tak mampu untuk berpaling kepada selain Allah. Pernah suatu ketika Rabi’ah
ditanya, “Apakah Rabi’ah tidak mencintai Rasul?” Ia menjawab, “Ya, aku sangat
mencintainya, tetapi cintaku kepada Pencipta membuat aku berpaling dari
mencintai makhluknya.”
Rabi’ah juga ditanya tentang eksistensi syetan dan apakah ia membencinya? Ia menjawab, “Tidak, cintaku kepada Tuhan tidak meninggalkan ruang kosong sedikit pun dalam diriku untuk rasa membenci syetan.”
Rabi’ah juga ditanya tentang eksistensi syetan dan apakah ia membencinya? Ia menjawab, “Tidak, cintaku kepada Tuhan tidak meninggalkan ruang kosong sedikit pun dalam diriku untuk rasa membenci syetan.”
Allah
adalah teman sekaligus Kekasih dirinya, sehingga ke mana saja Rabi’ah pergi,
hanya Allah saja yang ada dalam hatinya. Ia mencintai Allah dengan sesungguh
hati dan keimanan. Karena itu, ia sering jadikan Kekasihnya itu sebagai teman
bercakap dalam hidup. Dalam salah satu sya’ir berikut jelas tergambar bagaimana
Cinta Rbi’ah kepada Teman dan Kekasihnya itu:
Kujadikan
Engkau teman bercakap dalam hatiku, Tubuh kasarku biar bercakap dengan yang
duduk. Jisimku biar bercengkerama dengan Tuhanku, Isi hatiku hanya tetap Engkau
sendiri.
Menurut
kaum sufi, proses perjalanan ruhani Rabi’ah telah sampai kepada maqam mahabbah
dan ma’rifat. Namun begitu, sebelum sampai ke tahapan maqam tersebut, Rabi’ah
terlebih dahulu melampaui tahapan-tahapan lain, antara lain tobat, sabar dan
syukur. Tahapan-tahapan ini ia lampaui seiring dengan perwujudan Cintanya
kepada Tuhan. Tapi pada tahap tertentu, Cinta Rabi’ah kepada Tuhannya seakan
masih belum terpuaskan, meski hijab penyaksian telah disibakkan. Oleh karena
itu, Rabi’ah tak henti-hentinya memohon kepada Kekasihnya itu agar ia bisa
terus mencintai-Nya dan Dia pun Cinta kepadanya. Hal ini sesuai dengan firman
Allah: “Dia mencintai mereka dan mereka mencintai-Nya” (QS. 5: 59).
Dalam
kegamangannya itu, Rabi’ah tak putus-putusnya berdoa dan bermunajat kepada
Allah. Bahkan dalam doanya itu ia berharap agar tetap mencintai Allah hingga
Allah memenuhi ruang hatinya. Doanya:
Tuhanku,
malam telah berlalu dan siang segera menampakkan diri. Aku gelisah apakah
amalanku Engkau terima, hingga aku merasa bahagia, Ataukah Engkau tolak hingga
sehingga aku merasa bersedih, Demi ke-Maha Kuasaan-Mu, inilah yang akan
kulakukan. Selama Engkau beri aku hayat, sekiranya Engkau usir dari depan
pintu-Mu, aku tidak akan pergi karena cintaku pada-Mu, telah memenuhi hatiku.
Cinta
bagi Rabi’ah telah mempesonakan dirinya hingga ia telah melupakan segalanya
selain Allah. Tapi bagi Rabi’ah, Cinta tentu saja bukan tujuan, tetapi lebih
dari itu Cinta adalah jalan keabadian untuk menuju Tuhan sehingga Dia ridla
kepada hamba yang mencintai-Nya. Dan dengan jalan Cinta itu pula Rabi’ah
berupaya agar Tuhan ridla kepadanya dan kepada amalan-amalan baiknya. Harapan
yang lebih jauh dari Cintanya kepada Tuhan tak lain agar Tuhan lebih dekat
dengan dirinya, dan kemudian Tuhan sanggup membukakan hijab kebaikan-Nya di
dunia dan juga di akhirat kelak. Ia mengatakan, dengan jalan Cinta itu dirinya
berharap Tuhan memperlihatkan wajah yang selalu dirindukannya. Dalam sya’irnya
Rabi’ah mengatakan:
Aku
mencintai-Mu dengan dua macam Cinta, Cinta rindu dan Cinta karena Engkau layak
dicinta, Dengan Cinta rindu, kusibukan diriku dengan mengingat-ingat-Mu selalu,
Dan bukan selain-Mu. Sedangkan Cinta karena Engkau layak dicinta, di sanalah
Kau menyingkap hijab-Mu, agar aku dapat memandangmu. Namun, tak ada pujian
dalam ini atau itu,
segala pujian hanya untuk-Mu dalam ini atau itu.
segala pujian hanya untuk-Mu dalam ini atau itu.
Abu
Thalib al-Makki dalam mengomentari sya’ir di atas mengatakan, dalam Cinta rindu
itu, Rabi’ah telah melihat Allah dan mencintai-Nya dengan merenungi esensi
kepastian, dan tidak melalui cerita orang lain. Ia telah mendapat kepastian
(jaminan) berupa rahmat dan kebaikan Allah kepadanya. Cintanya telah menyatu
melalui hubungan pribadi, dan ia telah berada dekat sekali dengan-Nya dan
terbang meninggalkan dunia ini serta menyibukkan dirinya hanya dengan-Nya,
menanggalkan duniawi kecuali hanya kepada-Nya. Sebelumnya ia masih memiliki
nafsu keduniawian, tetapi setelah menatap Allah, ia tanggalkan nafsu-nafsu
tersebut dan Dia menjadi keseluruhan di dalam hatinya dan Dia satu-satunya yang
ia cintai. Allah telah memebaskan hatinya dari keinginan duniawi, kecuali hanya
diri-Nya, dan dengan ini meskipun ia masih belum pantas memiliki Cinta itu dan
masih belum sesuai untuk dianggap menatap Allah pada akhirnya, hijab tersingkap
sudah dan ia berada di tempat yang mulia. Cintanya kepada Allah tidak
memerlukan balasan dari-Nya, meskipun ia merasa harus mencintai-Nya.
Al-Makki
melanjutkan, bagi Allah, sudah selayaknya Dia menampakkan rahmat-Nya di muka
bumi ini karena doa-doa Rabi’ah (yaitu pada saat ia melintasi Jalan itu) dan
rahmat Allah itu akan tampak juga di akhirat nanti (yaitu pada saat Tujuan
akhir itu telah dicapainya dan ia akan melihat wajah Allah tanpa ada hijab,
berhadap-hadapan). Tak ada lagi pujian yang layak bagi-Nya di sini atau di sana
nanti, sebab Allah sendiri yang telah membawanya di antara dua tingkatan itu
(dunia dan akhirat) (Abu Thalib al-Makki, Qut al-Qulub, 1310 H, dalam Margaret
Smith, 1928).
Rabi’ah
dan menjelang hari kematiannya
Dikisahkan,
Rabi’ah telah menjalani masa hidup selama kurang lebih 90 tahun. Dan selama
itu, ia hanya mengabdi kepada Allah sebagai Pencipta dirinya, hingga Malaikat
Izrail menjemputnya. Tentu saja, Rabi’ah telah menjalani pula masa-masa di mana
Allah selalu berada dekat dengannya. Para ulama yang mengenal dekat dengan
Rabi’ah mengatakan, kehadiran Rabi’ah di dunia hingga kembalinya ke alam
akhirat, tak pernah terbersit sedikit pun adanya keinginan lain kecuali hanya
ta’zhim (mengagungkan) kepada Allah. Ia juga bahkan sedikit sekali meminta
kepada makhluk ciptaan-Nya.
Berbagai
kisah menjelang kematian Rabi’ah menyebutkan, di antaranya pada masa menjelang
kematian Rabi’ah, banyak sekali orang alim duduk mengelilinginya. Rabi’ah lalu
meminta kepada mereka: ‘Bangkit dan keluarlah! Berikan jalan kepada
pesuruh-pesuruh Allah Yang Maha Agung!’ Maka semua orang pun bangkit dan keluar,
dan pada saat mereka menutup pintu, mereka mendengar suara Rabi’ah mengucapkan
kalimat syahadat, setelah itu terdengar sebuah suara: “Wahai jiwa yang tenang,
kembalilah kepada Tuhanmu, berpuas-puaslah dengan-Nya. Maka masuklah bersama
golongan hamba-hamba-Ku dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (QS. 89: 27-30).
Setelah
itu tidak terdengar lagi suara apa pun. Pada saat mereka kembali masuk ke kamar
Rabi’ah, tampak perempuan tua renta itu telah meninggalkan alam fana. Para
dokter yang berdiri di hadapannya lalu menyuruh agar jasad Rabi’ah segera
dimandikan, dikafani, disalatkan, dan kemudian dibaringkan di tempat yang
abadi.
Kematian
Rabi’ah telah membuat semua orang yang mengenalnya hampir tak percaya, bahwa
perempuan suci itu akan segera meninggalkan alam fana dan menjumpai Tuhan yang
sangat dicintainya. Orang-orang kehilangan Rabi’ah, karena dialah perempuan
yang selama hidupnya penuh penderitaan, namun tak pernah bergantung kepada
manusia. Setiap orang sudah pasti akan mengenang Rabi’ah, sebagai sufi yang
telah berjumpa dengan Tuhannya.
Karenanya,
setelah kematian Rabi’ah, seseorang lalu pernah memimpikanya. Dia mengatakan
kepada Rabi’ah, “Ceritakanlah bagaimana keadaanmu di sana dan bagaimana engkau
dapat lolos dari Munkar dan Nakir?” Rabi’ah menjawab, “Mereka datang
menghampiriku dan bertanya, “Siapakah Tuhanmu?’ Aku katakana, “Kembalilah dan
katakan kepada Tuhanmu, ribuan dan ribuan sudah ciptaan-Mu, Engkau tentunya
tidak akan lupa pada perempuan tua lemah ini. Aku, yang hanya memiliki-Mu di
dunia, tidak pernah melupakan-Mu. Sekarang, mengapa Engkau harus bertanya,
‘Siapa Tuhanmu?’”
Kini
Rabi’ah telah tiada. Perempuan kekasih Ilahi itu meninggal untuk selamanya, dan
akan kembali hidup bersama Sang Kekasih di sisi-Nya. Jasad kasarnya hilang
ditelan bumi, tetapi ruh sucinya terbang bersama para sufi, para wali, dan para
pecinta Ilahi.
izin copy ya buat baca d laptop..jazakallah
ReplyDeleteSungguh dalam cinta Rabiatul Adawiyah pada Yaa Rabb ku
ReplyDeleteassalamualakum, nice info. Shokran, kalo bole tahu sumbernya darimana ya? Salam ukhuwah semoga menjadi tulisan yang berkah. Saya juga meringkasnya selamat membaca rabiatul adawiyah doa-doa
ReplyDeleteassalamualakum, nice info. Shokran, kalo bole tahu sumbernya darimana ya? Salam ukhuwah semoga menjadi tulisan yang berkah. Saya juga meringkasnya selamat membaca rabiatul adawiyah doa-doa
ReplyDeleteYa allah baper amat bacanya.
ReplyDeletekeren kak
ReplyDeleteMasya Allah banget cerita cintanya hanya untuk Allah Subhanahu WA Ta'ala ❤😭
ReplyDeleteMenginspirasi ,💚💚💚😢
ReplyDelete