badge KULIAH KEUANGAN DAERAH PERTEMUAN 1 | Ukhwah Asyifusyinen
Home » » KULIAH KEUANGAN DAERAH PERTEMUAN 1

KULIAH KEUANGAN DAERAH PERTEMUAN 1

Advertisement
DEFINISI KEUANGAN NEGARA

Definisi keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik Negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara dinyatakan bahwa pendekatan yang digunakan dalam merumuskan Keuangan Negara adalah dari sisi objek, subjek, proses, dan tujuan. Dari sisi objek, yang dimaksud dengan Keuangan Negara meliputi semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, termasuk kebijakan dan kegiatan dalam bidang fiskal, moneter dan pengelolaan kekayaan negara yang dipisahkan, serta segala sesuatu baik berupa uang, maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.

PENGERTIAN DAN DEFINISI AKN

Administrasi negara adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan aparatur negara/aparatur pemerintah untuk mencapai tujuan negara secara efisien. Administrasi adalah sebuah istilah yang bersifat generik, yang mencakup semua bidang kehidupan. Administrasi negara adalah suatu bahasan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif, dan eksekutif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, tujuan negara, dan etika yang mengatur penyelenggara negara. Terdapat hubungan interaktif antara administrasi negara dengan lingkungan sosialnya. Diantara berbagai unsur lingkungan sosial, unsur budaya merupakan unsur yang paling banyak mempengaruhi penampilan (perfomance) administrasi negara.

PERANAN KEUANGAN NEGARA DALAM PEMBANGUNAN

Peran sektor keuangan dalam perekonomian sangat krusial, utamanya sebagai penyedia dana bagi pembiayaan perekonomian, khususnya investasi, baik itu untung meningkatkan pembangunan maupan lainya yang menjadikan pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi terjadi ketika kapasitas perekonomian mengalami peningkatan dibanding dengan periode sebelumnya.
Sementara peningkatan kapasitas ekonomi terjadi jika terdapat investasi baru ke dalam perekonomian.
 Agar pengembangan sektor keuangan tidak berdampak negatif terhadap pertumbuhan perekonomian, maka perlu diperhatikan ;
1.      pengembangan sektor keuangan tidak boleh hanya fokus pada kuantitas/volume saja.
2.       penguatan regulasi dan supervisi untuk meningkatkan kualitas sektor keuangan sangat diperlukan.
3.       untuk itu sektor keuangan, khususnya perbankan, menjadi highly regulated industry. 
Sedangkan pengembangan sistem keuangan di Indonesia lebih dekat kepada tipe “ bank-based system “ dimana perbankan mendominasi sektor keuangan, dari pada tipe “ market-based system “.

PEMERINTAH DAN RUMAH TANGGA



0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami

notifikasi
close