Hikayat Prang Sabi Aceh
Hikayat Prang Sabi adalah sebuah hikayat yang
diciptakan atau dikarang oleh Tgk Chik Pante Kulu yang merupakan sebuah syair
kepahlawanan yang membentuk suatu irama dan nada yang sangat heroik yang
membangkitkan semangat para pejuang Aceh dari zaman penjajahan portugis sampai
zaman penjajahan Belanda.
Hikayat Prang Sabi adalah salah satu
inspirator besar dalam menentukan perjuangan rakyat Aceh. Memang sejak dulu
bangsa Aceh sangat akrab dengan syair-syair perjuangan Islam, sajak-sajak akan
sebuah hakikat keadilan. Hikayat ini selalu diperdengarkan ke setiap telinga
anak-anak aceh, laki-laki, perempuan, tua muda, besar kecil dari zaman ke zaman
dalam sejarah Aceh Sepanjang Abad.
Kalau kita belajar dari sejarah, maka Aceh
lah negeri yang paling ditakuti oleh Portugis dan sulit untuk ditaklukkan oleh
Belanda sejak tahun 1873 serta Jepang. Beribu macam taktik perang yang
digunakan oleh para penjajah tetapi tidak dapat menguasai Aceh yang unggul
dengan taktik perang gerilyanya. Sejarah mencatat bahwa perang kolonial di Aceh
adalah yang paling alot, paling lama, dan paling banyak memakan biaya perang
dan korban jiwa penjajah.
Pengaruh hikayat perang sabil hasil
karangannya, telah mampu membangkitkan semangat jihad siapa saja yang membaca
ataupun mendengarnya untuk terjun ke medan perang melawan penjajahan Belanda
ketika itu. Sehingga Zentgraf dalam bukunya “Aceh” (1983) menulis banyak pemuda
yang memantapkan langkahnya ke medan perang Aceh melawan Belanda karena
pengaruh buku hikayat perang sabil yang sengaja ditulis seorang ulama besar
Aceh bernama Tgk. Muhammad Pante Kulu.
Menurut Zentgraf, hikayat perang sabil
karangan ulama Pante Kulu telah menjadi momok yang sangat ditakuti oleh
Belanda, sehingga siapa saja yang diketahui menyimpan-apalagi membaca hikayat
perang sabil itu mereka akan mendapatkan hukuman dari pemerintah Hindia Belanda
dengan membuangnya ke Papua atau Nusa Kembangan. Sarjana Belanda ini menyimpulkan,
bahwa belum pernah ada karya sastra di dunia yang mampu membakar emosional
manusia untuk rela berperang dan siap mati, kecuali hikayat perang sabil karya
Pante Kulu dari Aceh. Kalau pun ada karya sastrawan Perancis La Marseillaise
dalam masa Revolusi Perancis, dan karya Common Sense dalam masa perang
kemerdekaan Amerika, namun kedua karya sastra itu tidak sebesar pengaruh
hikayat perang sabil yang dihasilkan Muhammad Pante Kulu.
Itu sebabnya, Ali Hasjmy menilai bahwa
hikayat perang sabil yang ditulis Tgk. Chik Pante Kulu telah berhasil menjadi
karya sastra puisi terbesar di dunia. Menurut Hasjmy, pengaruh syair hikayat
perang sabil sama halnya dengan pengaruh syair-syair perang yang ditulis oleh
Hasan bin Sabit dalam mengobarkan semangat jihad umat Islam di zaman
Rasulullah. Atau paling tidak, hikayat perang sabil karya Chik Pante Kulu dapat
disamakan dengan illias dan Odyssea dalam kesusastraan epos karya pujangga
Homerus di zaman “Epic Era” Yunany sekitar tahun 700-900 sebelum Mesehi.
Mengapa hikayat perang sabil begitu
berpengaruh dalam membangkitkan semangat jihat perang orang Aceh melawan
Belanda. Menurut telaahan, hikayat perang sabil yang ditulis Chik Pente Kulu
ini terdiri dari empat bagian (cerita). Pertama, mengisahkan tentang Ainul Mardhiah,
sosok bidadari dari syurga yang menanti jodohnya orang-orang syahid yang
berperang di jalan Allah. Kedua, mengisahkan pahala syahid bagi orang-orang
yang tewas dalam perang sabil. Ketiga, mengisahkan tentang Said Salamy, seorang
Habsi berkulit hitam dan buruk rupa. Keempat, menceritakan tentang kisah Muda
Belia yang sangat mempengaruhi jiwa para pemuda untuk berjihat di medan perang
melawan kezaliman penjajahan Belanda.
Ada dua Versi pendapat tentang Tgk. Chik
Pente Kulu dalam mengarang hikayat perang sabil ini. Sebagian mengatakan,
hikayat perang sabil ini dikarang Chik Pante Kulu ketika beliau dalam
perjalanan pulang dari Mekkah ke Aceh. Berarti hikayat perang sabil ditulis
Chik Pante Kulu di atas kapal selama dalam pelayarannya dari Arab ke Aceh. Pendapat
lain mengatakan, hikayat perang sabil ini ditulis Chik Pante Kulu adalah atas
suruhan Tgk. Chik Abdul Wahab Tanoh Abee yang lebih dikenal Tgk. Chik Tanoh
Abee.
Karena, pada waktu Tgk. Muhammad Saman Ditiro
meminta izin pada Tgk. Chik Tanoh Abee untuk berperang melawan Belanda. Maka
saat itu Tgk. Chik Tanoh Abee menanyakan pada Tgk. Chik Ditiro: “Soe yang
muprang dan soe yang taprang?”. Chik Ditiro menjawab: “Yang muprang Muhammad
Saman, yang taprang kafe Belanda”. Menurut hikayat marga tanoh abee, sekiranya
waktu itu Chik Ditiro menjawab, yang muprang ureung Islam, yang taprang
Belanda. Kemungkinan Tgk. Chik Tanoh Abee tidak merestui Chik Ditiro untuk
berperang, karena kalau orang Islam yang berperang, karena di kalangan orang
Islam sendiri masih banyak yang harus diperangi, yaitu orang-orang yang bukan
Islam sejati.
Tetapi karena jawaban Tgk. Chik Ditiro: yang
muprang Muhammad Saman dan yang taprang kafe Belanda, maka Tgk. Chik Tanoh Abee
merestui Tgk. Chik Ditiro menggerakkan peperangan untuk melawan Belanda. Dalam
mendukung gerakan perang ini Tgk. Chik Tanoh Abee mengarang khusus hikayat
perang sabil dalam bahasa Arab untuk pimpinan-pimpinan perang. Sedangkan untuk
lasykar perang hikayat perang sabilnya dikarang oleh Tgk. Chik Pante Kulu dalam
huruf Jawi berhasa Aceh, yang kemudian hikayat perang sabil karangan Tgk. Chik
Pante Kulu ini membawa pengaruh luar biasa dalam membangkitkan semangat jihad
lasykar Aceh berperang melawan Belanda.
Salah satu bagian paling penting dari Hikayat
Prang Sabi adalah pendahuluan atau mukadimah. Bagian yang juga berbentuk syair
ini menunjukkan secara jelas tujuan ditulisnya Hikayat Prang Sabi, dalam
hubungannya dengan perang melawan Belanda. Setelah diawali dengan puji-pujian
kepada Allah pencipta semesta alam, syair-syair pada mukadimah berlanjut pada
seruan untuk perang Sabil. Juga disebutkan satu pahala yang dapat diperoleh
bagi mereka yang berjihad dalam perang Sabil (jalan Allah-Red). Salah satu
pahala yang akan diterima mereka yang mati syahid dalam perang tersebut adalah
akan bertemu dengan dara-dara dari surga ( Bidadari ).
HIKAYAT PRANG SABI
Salam alaikom walaikom teungku meutuah
Katrok neulangkah neulangkah neuwo bak kamoe
Amanah nabi...ya nabi hana meu ubah-meu ubah
Syuruga indah...ya Allah pahala prang
sabi....
Ureueng syahid la syahid bek ta khun matee
Beuthat beutan lee...ya Allah nyawoung lam
badan
Ban saree keunueng la keunueng senjata kafee
la kafee
Keunan datang...ya Allah pemuda seudang...
Djimat kipah la kipah saboh bak jaroe
Jipreh judo woe ya Allah dalam prang sabi
Gugor disinan-disinan neuba u dalam-u dalam
Neupuduk sajan ya Allah ateuh kurusi...
Ija puteh la puteh geusampoh darah
Ija mirah...ya Allah geusampoh gaki
Rupa geuh puteh la puteh sang sang buleuen
trang di awan
Wat tapandang...ya Allah seunang lam hatee...
Darah nyang ha-nyi nyang ha-nyi gadoh di
badan
Geuganto le tuhan...ya Allah deungan kasturi
Di kamoe Aceh la Aceh darah peujuang-peujuang
Neubi beu mayang...ya Allah Aceh mulia...
Subhanallah wahdahu wabi hamdihi
Khalikul badri wa laili adza wa jalla
Ulon peujoe Poe sidroe Poe syukoe keu rabbi
ya aini
Keu kamoe neubri beu suci Aceh mulia...
Tajak prang meusoh beureuntoh dum sitre nabi
Yang meu ungkhi ke rabbi keu poe yang esa
Soe nyang hantem prang chit malang ceulaka
tubuh rugoe roh
Syuruga tan roeh rugoe roh bala neuraka...
Soe-soe nyang tem prang cit meunang meutuwah
teuboh
Syuruga that roeh nyang leusoeh neubri
keugata
Lindong gata sigala nyang muhajidin mursalin
Jeut-jeut mukim ikeulim Aceh mulia...
Nyang meubahagia seujahtera syahid dalam
prang
Allah peulang dendayang budiadari
Oeh kasiwa-sirawa syahid dalam prang dan
seunang
Dji peurap rijang peutamông syuruga
tinggi...
Budiyadari meuriti di dong dji pandang
Di cut abang jak meucang dalam prang sabi
Oh ka judo teungku syahid dalam prang dan
seunang
Dji peurap rijang peutamong syuruga tinggi...
Tidak mengherankan, Sehingga kemudian penyair
Taufik Ismail mengabadikan kehebatan hikayat perang sabil karya Tgk. Chik Pante
Kulu ini dalam sebuah syair panjangnya berjudul : “Teringat Hamba Pada Syuhada
Kita Dihari Kemerdekaan, Musim Haji 1406 H”. Taufik bersyair:…
Nampakkah olehmu puisi itu?
Diserahkan kepada Teungku Chik Ditiro
Di sebuah desa di dekat Sigli
Dan puisi itu berubah menjadi sejuta
Rencong...
Terdengarkah olehmu?
Merdunya Al Furqan dinyanyikan
Kemudian puisi perang sabi dibacakan
Yang mendidih darah memanggang udara
Menjelang setiap pasukan terlibat pertempuran
Mengibarkan Panji fi-sabilillah…
Hamba menulis puisi juga
Tapi betapa kurus puisi hamba
Kurang sikap ikhlas hamba
Banyak ria dan ingin tepuk tangan...
Apalah artinya dibandingkan puisi Perang sabi
Muhammad Pante Kulu ...
Allah, berkahi penyair abad sembilan belas
ini
Beri dia firdaus seluas langit bumi…
Begitu hebatnya Tgk. Chik Pante Kulu di mata
penyair Taufik Ismail. Sampai-sampai Taufik menilai puisi-puisi yang ditulisnya
selama ini belum memiliki arti apa-apa dibandingkan kebesaran syair hikayat
perang sabil yang ditulis Tgk. Chik Pante Kulu. Ulama dan pujanggawan kelahiran
1836 M di Desa Pante Kulu, Kemukiman Titeue, Kota Bakti, Pidie ini, telah lama
meninggalkan kita. Namun hikayat perang sabil yang ditinggalkan tetap hidup di
jiwa orang yang memang Aceh sebagai hasil karya sastra terbesar yang diakui
dunia pada zamannya.
0 Response to "Hikayat Prang Sabi Aceh"
Post a Comment