badge MENGENAL JIN SEMBILAN (JEN SIKURENG) DAN TUGASNYA | Ukhwah Asyifusyinen
Home » » MENGENAL JIN SEMBILAN (JEN SIKURENG) DAN TUGASNYA

MENGENAL JIN SEMBILAN (JEN SIKURENG) DAN TUGASNYA

Advertisement
JIN SEMBIALAN (JEN SIKURENG)


Kita mungkin pernah mendengar perkataan orang tua terdahulu tantang JEN SIKURENG (jin sembilan), dalam pemahaman kita, jin sembilan itu hanya sebuah nama untuk satu jin, tapi kenyataannya jin sembilan ini adalah anak jin yang masing-masing mempunyai tugas tertentu (jin juga belajar management J ), anak jin yang jumblahnya sembilan ini di sebutkan dalam kitab Muraki U’budiyah, adapun nama dan tugasnya akan kami rincikan di bawah.



NAMA-NAMA ANAK JIN DAN PEKERJAANNYA

     1.      Khanzab, tugasnya menggoda orang yang shalat.
·         Khanzab adalah anak jin yang pertama, tugasnya yaitu menggoda orang yang sedang mengerjakan shalat, seperti mambuat mata kita serasa ngantuk saat shalat, menguap, membimbangkan pada saat niat, membisikkan tantang dunia, sehingga kita tidak khusyu’ di dalam shalat, inilah pekerjaannya si khanzab.

    2.      Walhan, tugasnya mengwaswaskan/membimbangkan orang yang bersuci.
·         Walhan adalah anak jin yang ke dua, yang tugasnya membimbangkan orang yang bersuci. Misalnya ketika kita berwuzu’ , membasuh pada wuzu’ itu ada batasannya, sehingga tugasnya membuat kita bimbang apakah sudah sampai batasan atau belum, sehingga ada di antara manusia yang berwuzu’ bukan tiga-tiga kali, bahkan bisa lebih. Inilah yang di sebabkan oleh anak jin yang ke dua, walhan.

    3.      Zallanbur, tugasnya membuat onar di pasar.
·         Zallanbur ini adalah anak jin yang tugasnya membuat keonaran di pasar, maka tak jarang kita dapatkan banyak mereka beradu jotos, mencaci-maki, dan lain sebagainya, makanya di pasar adalah tempat yang paling bising dan banyak jin.

   4.      Al-a’war, tugasnya menyuruh melakukan zina.
·         Ini adalah anak jin yang biasanya berada di kalangan pemuda-pemudi karena memang tugasnya menjerumuskan manusia kepada perzinaan. Mungkin untuk masa sekarang ini sangat banyak kita liyat mereka yang berpacaran, berduaan, bermesraan, itu adalah bujuk rayu dari si al-a’war ini, maka tak salah mereka yang berkata “jangan berdua-duaan karena yang ketiganya adalah setan” , maka jauhilah, karena tanpa kita sadari kita telah terjerumus ke dalam perzinaan karena selain di picu oleh nafsu juga di dorong oleh anak jin yang ke 4 yaitu al-a’war.

   5.      Wasnan, tugasnya memberatkan kepala untuk selalu tidur agar tidak beribadah.
·         Adapun anak jin yang ke lima adalah wasnan, dia bertugas untuk membuat manusia tertidur pada saat ingin mengerjakan ibadah, ini biasa di alami oleh kebanyakan pemuda pada saat ini, apalagi shalat shubuh, banyak mereka yang tidak tau dimana shubuh atau mereka harus berkata shubuhku dimana. Kalau berbicara tentang shalat tahajut mungkin itu 1: 100, begitulah kira-kiranya.

    6.      Tabur, tugasnya menggundahi orang yang sedang di timpa musibah.
·         Tabur, anak jin yang tugasnya menggundahi orang yang di timpa musibah, membuat mereka menyalahkan Khaliknya, kenapa musibah hanya di timpakan kepadanya, dan membuat mereka lupa bahwa musibah adalah untuk mengetes kesabaran dan keteguhan hatinya, dan barang siapa yang bersabar dan bersyukur, mereka akan naik kelas dan menjadi hambanya yang bertaqwa.

   7.      Dasim, adalah setan makanan, yang makan dia beserta manusia dan berjimak beserta manusia, apabila manusia tidak membaca basmalah.
·         Anak jin yang ke tujuh adalah dasim, dia makan beserta manusia yang makan dan tidak membaca basmallah, dan dia juga berjimak (hubungan suami-istri) dengan manusia yang tidak membaca basmallah dan berdoa ketika berjimak. Dalam suatu riwayat di jelaskan apabila suami istri tanpa sehelaipun di tubuhnya, maka malaikat akan pergi karena merasa malu, di situlah kesempatan dasim untuk mendekati mereka yang tidak membaca basmallah dan doa, sehingga ada juga anak yang tidak mirip dengan keluarganya baik itu visik atau kelakuannya, mungkin itu ulah si dasim,,,, na’uzubillahu min zalik.

    8.      Matun, tugasnya menggoda untuk berdusta.
·         Matun adalah anak jin yang bertugas membisik manusia untuk berdusta atau berbohong.

    9.      Abyadh, tugasnya ,,,,,,, (maaf, masih dalam pencariana),,,,,,,
·         Abyadh adalah anak jin yang terakhir, namun kami belum mendapati secara pasti apa tugasnya, dalam satu riwayat di jelaskan bahwa tugas abyadh yaitu merayu mereka yang ingin berperang di jalan kebenaran agar tidak melakukannya atau berpaling daripada nya.

Inilah yang dapat kami uraikan dalam kesempatan ini, semoga dengan mengenal nama dan tugas anak jin sembilan kita dapat terpelihara dari tipu daya mereka, amien ya rabbal a'lamin.
 semoga dapat bermanfaat.
                                                                                                                          salam penulis



0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami

notifikasi
close