CONTOH LAPORAN FORMAL
LAPORAN RAPAT KERJA
TIM PENILAI
BUKU TEKS PELAJARAN SD, SMP, DAN SMA/SMK
YANG DISELENGGARAKAN OLEH BSNP
A. Pendahuluan
Alhamdulillah SMP Islam Al Azhar 1 mendapat kepercayaan dari Badan
Standar Nasional Pendidikan untuk mengirimkan 3 guru dalam menentukan Buku Teks
Pelajaran yang layak digunakan oleh sekolah mulai dari SD sampai SMA/SMK.
Setelah kami mengirimkan curriculum vitay, alhamdulillah kami memenuhi kriteria
sebagai tim penilai buku teks pelajaran.
Adapun yang ditetapkan sebagai penilai buku teks pelajaran
adalah Rujiman, S.Pd. (guru Bahasa Indonesia), Farikhah Afidah, S.Pd. (guru
IPA), dan Sunarmi, S.Pd. (guru IPS). Kami bertiga mendapat kepercayaan untuk
mengikuti Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan SMA/SMK yang
dilaksanakan di Hotel Safari Garden Bogor yang dilaksanakan pada tanggal 4 s.d.
9 Juni 2008.
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan
ini diberi nama Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran SD, SMP, dan
SMA/SMK.
C. TUJUAN KEGIATAN
Tujuan kegiatan ini adalah :
1. Menilai buku
teks pelajaran yang diajukan oleh penerbit untuk ditentukan kelayakannya.
2. Menentukan jenis
buku teks pelajaran yang memenuhi standar mutu pendidikan
D. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan rencana yaitu
tanggal 4-9 Juni 2008 di Hotel Safari Garden Bogor. Akan tetapi, karena berkat
kerja keras dan profesionalisme kinerja
para guru, kegiatan itu berhasil diselesaikan dalam waktu 4 hari.
E. PESERTA KEGIATAN
Peserta
kegiatan terdiri atas: 200 orang guru terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA,
IPS, Matematika, PKn, Bahasa Inggris dari jenjang SD sampai SMA/SMK. Adapun
guru – guru yang diundang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di propinsi DKI
Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
F. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan
Rapat Kerja Tim Penilai Buku Teks Pelajaran dibuka jam 13.00 WIB dan dihadiri
oleh 250 orang guru yang terdiri atas guru Bahasa Indonesia, IPA, IPS,
Matematika, dan PKn. Selain itu hadir para dosen dan profesor yang ahli di
bidangnya masing-masing sebagai supervisor. Acara dibuka oleh Kepala BSNP
menilai buku teks. Setiap bidang studi perjenjang diarahkan oleh 2 supervisor.
Setelah acara dibuka dilanjutkan pembekalan atau penyajian materi tentang
teknik menilai buku teks dilanjutkan dengan pelatihan.
Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga penilai
yang mampu memahami kriteria teknis yang terdapat dalam instrumen penilaian dan
agar penilai memiliki kemampuan menilai berdasarkan instrumen penilaian yang
disusun oleh BSNP. Melalui pelatihan ini diharapkan penilai dapat memiliki
pemahaman yang sama terhadap butir-butir instrumen penilaian buku teks
pelajaran.
Kegiatan
penilaian buku teks pelajaran dilakukan secara bertahap dengan jadwal yang
sangat ketat. Tahap I jam 08.00 – 12.00 WIB, tahap II jam 14.00 – 17.00, dan
tahap III jam 19.00 – 24.00 WIB. Setiap guru dikelompokkan berdasarkan mata
pelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing. Setiap mata pelajaran
rata-rata ada 400 buku dan 40 penilai yang terdiri atas dosen, ahli materi,
guru, dan ahli grafika.
Apabila dalam penilaian terdapat perbedaan nilai lebih dari
2 maka dilakukan moderasi, yaitu kedua penilai guru dipertemukan untuk
mempertanggungjawabkan hasil penilaiannya dan menentukan kesepakatan untuk
nilai buku tersebut. Adapun butir-butir penilaiannya pun sangat kompleks
sehingga kami dituntut ketelitian, kejelian, penalaran, dan berbagai kriteria
yang menuntut kerja keras.
G. HASIL KEGIATAN
Adapun
hasil kegiatan Rapat Kerja Penilai Buku Teks adalah sebagai berikut:
1. Kami bertiga
berhasil menyelesaikan penilaian buku sebanyak 44 buku dengan rincian: Bahasa
Indonesia SD kelas I-VI sebanyak 12 buku, IPA SD kelas I – VI sebanyak 14 buku,
dan IPS SD kelas I – VI sebanyak 18 buku.
2. Memperoleh
pengalaman yang berharga menjadi penilai buku sehingga dapat memperkaya
pengetahuan untuk menjadi penulis buku.
3. Melakukan
sharing penilaian buku berbagai jenjang pendidikan sehingga dapat menentukan
sistematika penyajian materi
pembelajaran mulai SD sampai SMA.
4. Dapat menularkan
pengetahuan dan pengalaman kepada guru-guru dalam kegiatan MGMP sehingga dapat
membantu menentukan kelayakan buku yang akan digunakan secara seragam di SMP
Islam Al Azhar.
5. Mempromosikan Al
Azhar sebagai lembaga pendidikan yang dapat dibanggakan.
H. ANGGARAN BIAYA
Adapun
anggaran biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan tersebut adalah biaya
transportasi perjalanan sebesar Rp 500.000,00 dengan rincian biaya penggantian
bensin, tol, dan tip sopir antar jemput. Hal ini dilakukan karena tidak ada
kendaraan YPI yang bisa digunakan untuk mengantar dan menjemput kami.
I. PENUTUP
Demikian
laporan pertanggungjawaban kegiatan ini kami sampaikan. Panitia mengucapkan terima kasih yang tak
terhingga kepada Pimpinan SMP Islam Al Azhar 1 dan YPI Al Azhar yang telah
memberikan kepercayaan dan dukungan sehingga kegiatan ini terlaksana dengan
baik.
Jakarta, 21 Juni 2008
Delegasi III, Delegasi II, Delegasi I,
Rujiman, S.Pd. Sunarmi, S.Pd. Farikhah Afidah, S.Pd.
Mengetahui
Kepala SMP Islam Al-Azhar 1,
..............................
Zaffan Al Farouq SE. M.Si
0 Response to "CONTOH LAPORAN FORMAL"
Post a Comment