badge DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 KELAS 4 DAN 1 SD (SEKOLAH DASAR) | Ukhwah Asyifusyinen
Home » » DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 KELAS 4 DAN 1 SD (SEKOLAH DASAR)

DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 2013 KELAS 4 DAN 1 SD (SEKOLAH DASAR)

Advertisement
 
Nama Peserta Didik              
Adrian Sanzu
Kelas                           :
IV - B
Nomor Induk                        
111201001
Semester                      :
1 (Satu)
Nama Sekolah                       
SDN Bagendit 2
Tahun Pelajaran          :
2014/2015
Alamat Sekolah                    
Jl. Hasan Arief



Kp. Parigi Desa Bagendit





1.   SIKAP SPIRITUAL (KI-1)


ASPEK YANG DINILAI
DESKRIPSI
Menerima,  menjalankan,  dan
menghargai     ajaran     agama yang dianutnya.
Ananda   Adrian   Sanzu   sangat   baik   dalam   ketaatan   beribadah,
mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan bertoleransi dalam beribadah.


2.   SIKAP SOSIAL (KI-2)

ASPEK YANG DINILAI
DESKRIPSI
Menunjukkan  perilaku  jujur,
disiplin,     tanggung     jawab, santun,  peduli,  dan  percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,   teman,   guru,   dan tetangganya.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menunjukkan sikap jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin tahu, santun, percaya diri.


3.   PENGETAHUAN (KI-3)


Kompetensi yang dinilai

Deskripsi
Memahami           pengetahuan
factual          dengan          cara mengamati     dan     menanya
berdasarkan  rasa  ingin  tahu tentang     dirinya,     makhluk
ciptaan          Tuhan           dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menerapkan ketentuan syariat Islam,
bersuci dari hadats kecil dan hadats besar, menunaikan shalat secara tertib,  menghindari  perilaku  tercela,  meyakini  keberadaan  malaikat-
malaikat Allah SWT, dan dalam meyakini adanya Rasul-Rasul Allah
SWT.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam memahami makna simbol-
simbol pancasila, memahami hak dan kewajiban, memahami manfaat keberagaman karakteristik setiap individu, dan dalam memahami arti
bersatu dalam keberagaman.
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menggali informasi dari teks laporan
hasil  pengamatan,  menguraikan  teks  instruksi  tentang  pemeliharaan pancaindera,   menggali   informasi   dari   teks   wawancara,   menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam, dan dalam menggali informasi dari teks ulasan buku tentang
nilai peninggalan sejarah.
Ananda Adrian Sanzu baik dalam mengenal konsep pecahan senilai dan
melakukan operasi hitung pecahan, menerapkan penaksiran dalam melakukan operasi hitung untuk memperkirakan hasil perhitungan, memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur, memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima, dan dalam memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi.




Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menjelaskan bentuk luar tubuh
hewan  dan  tumbuhan  dan  fungsinya,  mendeskripsikan  daur  hidup beberapa jenis mahluk hidup, memahami hubungan antara gaya, gerak,
dan  energi,  memahami  sifat-sifat  bunyi  dan  keterkaitannya  dengan indera pendengaran, dan dalam memahami sifat-sifat cahaya.
Ananda  Adrian  Sanzu  sangat  baik  dalam  mengenal  manusia,  aspek
keruangan, dst., memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis    di    sekitarnya,    memahami    kehidupan    manusia    dalam
kelembagaan,  memahami  manusia  dalam  dinamika  interaksi  dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi, dan dalam memahami jasa para pahlawan.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mengenal karya dua dan tiga
dimensi, membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada, mengenal tari-tari daerah dan keunikannya, mengetahui berbagai pengolahan media karya kreatif, dan dalam   memahami cerita terkait situs-situs budaya di Indonesia.
Ananda  Adrian  Sanzu  sangat  baik  dalam  mengetahui  konsep  gerak
dasar, sangat pandai   mengenal permainan tradisional. Sangat pandai mengenal permainan bulu tangkis, pandai   mengetahui bagian-bagian
tubuh sendiri, pandai  mengetahui konsep bergerak seimbang.
Ananda  Adrian  Sanzu  baik  dalam  mengenal  jenis-jenis  pupuh  dan
memahami bahasa Sunda yang baik dan benar dalam keseharian.



Kompetensi yang dinilai

Deskripsi
Menyajikan          pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas,   sistematis   dan   logis,
dalam    karya    yang    estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Ananda  Adrian  Sanzu  baik  dalam  melakukan  pengamatan  terhadap
makhluk  ciptaan  Allah  SWT,  dan  dalam  memperaktikkan  tata  cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mengamati dan menceritakan
contoh perilaku Pancasila, sangat baik dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungannya.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mengamati, mengolah, dan
menyajikan teks laporan hasil pengamatan dengan memilaih kosakata baku, juga dalam mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan.
Ananda  Adrian  Sanzu  sangat  baik  dalam  menyatakan  pecahan  ke
bentuk desimal dan persen dan melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menuliskan hasil pengamatan
tentang morfologi tubuh burung dan bunga serta fungsinya dan menyajikan secara tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menceritakan manusia dalam
hubungannya  dengan  lingkungan  geografis  tempat  tinggalnya   dan menceritakan  manusia  dalam  dinamika  interaksi  dengan  lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
Ananda  Adrian  Sanzu  baik  dalam  menggambar  berdasarkan  tema,
membuat karya seni kolase kupu-kupu, dan menyanyikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah.

 










4.   KETERAMPILAN (KI-4)


Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mempraktikkan pola gerak dasar, memperagakan permainan engklek, memainkan permainan bulu tangkis, mempraktikan cara menjaga tubuh, dan dalam mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani.
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menyanyikan pupuh.




5.   EKSTRAKURIKULER

Kegiatan Ekstrakurikuler
Keterangan
Praja Muda Karana (Pramuka)
Ananda Adrian Sanzu baik dan aktif dalam mengikuti latihan mingguan.

6.    TINGKAT KEHADIRAN

                    Ketidakha
Sakit

Izin

Tanpa Keterangan
diran
Keterangan Absensi
:           hari

:           hari

:           hari
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam kehadiran.







Triesa Nurul Azmi


Nama Peserta Didik            :  Ani                                                                      Kelas             :  I-A
Nomor Induk                       :  12345                                                                 Semester        :  1 (satu)
Nama Sekolah     :  MIN Bawu Jepara                                                   Tahun Pelajaran  :  2014 / 2015
Alamat Sekolah   :  Jl. Masjid Jami’ No7 Bawu


A. Sikap

Aspek
Deskripsi
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru
Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.


B. Pengetahuan

Aspek
Deskripsi
Mengingatdan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
benda-benda lain di sekitarnya
Mahir menyebut tata cara bersuci, masih perlu bimbingan untuk memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar.
Menguasai benar simbol-simbol sila Pancasila.
Mahir menyebut teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindera dengan kosakata bahasa Indonesia
Pandai membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda dengan menggunakan istilah sehari-hari.
Masih perlu latihan tentang pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmik


C. Keterampilan
Aspek
Deskripsi
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya, dan mencoba dalam :
bahasa yang jelas, logis, dan sistematis
karya yang estetis
gerakan anak sehat
tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
Telah melaksanakan aturan di sekolah dengan baik, masih perlu bimbingan dalam menceritakan kebersamaan dan keberagaman di sekolah.
Mahir dalam menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga dengan menggunakan Bahasa Indonesia.


Pada kesempatan ini akan saya bahas cara melakukan penilaian dan membuat deskripsi raport untuk aspek sikap. Yang harus diingat adalah bahwa aspek sikap mencakup dua hal yaitu sikap spiritual (KI.1) dan sikap sosial (KI.2). Mari kita cermati lagi model raportnya.

 

A. Sikap

Aspek
Deskripsi

Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga dan guru
Menunjukkan sikap percaya diri dan bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan dalam hal ketelitian.



0 komentar:

Post a Comment

Ikuti Kami

notifikasi
close