DESKRIPSI PENGISIAN RAPOR KURIKULUM 20.. KELAS 4 DAN 1 SD (SEKOLAH DASAR)
Nama Peserta Didik
|
Adrian Sanzu
|
Kelas :
|
IV - B
|
Nomor Induk
|
111201001
|
Semester :
|
1 (Satu)
|
Nama Sekolah
|
SDN Bagendit 2
|
Tahun Pelajaran :
|
2014/2015
|
Alamat Sekolah
|
Jl. Hasan Arief
|
||
Kp. Parigi Desa Bagendit
|
1. SIKAP SPIRITUAL (KI-1)
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
|
Ananda
Adrian Sanzu sangat baik dalam ketaatan beribadah,
mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah
SWT, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan bertoleransi dalam beribadah.
|
2. SIKAP SOSIAL (KI-2)
ASPEK YANG DINILAI
|
DESKRIPSI
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan
keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menunjukkan
sikap jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli, rasa ingin
tahu, santun, percaya diri.
|
3. PENGETAHUAN (KI-3)
Kompetensi yang dinilai
|
Deskripsi
|
Memahami pengetahuan
factual dengan cara mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
|
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menerapkan
ketentuan syariat Islam,
bersuci dari hadats kecil dan hadats besar,
menunaikan shalat secara tertib, menghindari
perilaku tercela, meyakini keberadaan malaikat-
malaikat Allah SWT, dan dalam meyakini adanya
Rasul-Rasul Allah
SWT.
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam memahami
makna simbol-
simbol pancasila, memahami hak dan kewajiban,
memahami manfaat keberagaman karakteristik setiap individu, dan dalam memahami
arti
bersatu dalam keberagaman.
|
|
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menggali informasi
dari teks laporan
hasil pengamatan, menguraikan teks instruksi
tentang pemeliharaan pancaindera, menggali informasi dari teks wawancara, menggali
informasi dari teks cerita petualangan tentang
lingkungan dan sumber daya alam, dan dalam menggali informasi dari teks ulasan
buku tentang
nilai peninggalan sejarah.
|
|
Ananda Adrian Sanzu baik dalam mengenal konsep
pecahan senilai dan
melakukan operasi hitung pecahan, menerapkan
penaksiran dalam melakukan operasi hitung untuk memperkirakan hasil perhitungan,
memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur, memahami
faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima, dan dalam memahami luas segitiga,
persegi panjang, dan persegi.
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam menjelaskan
bentuk luar tubuh
hewan dan tumbuhan
dan fungsinya, mendeskripsikan daur hidup
beberapa jenis mahluk hidup, memahami hubungan antara gaya, gerak,
dan energi, memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran, dan dalam memahami
sifat-sifat cahaya.
|
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam
mengenal manusia, aspek
keruangan, dst., memahami manusia dalam hubungannya
dengan kondisi geografis di sekitarnya,
memahami kehidupan manusia dalam
kelembagaan, memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi,
dan dalam memahami jasa para pahlawan.
|
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mengenal
karya dua dan tiga
dimensi, membedakan panjang-pendek bunyi,
dan tinggi-rendah nada, mengenal tari-tari daerah dan keunikannya, mengetahui
berbagai pengolahan media karya kreatif, dan dalam memahami cerita terkait situs-situs budaya
di Indonesia.
|
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam
mengetahui konsep gerak
dasar, sangat pandai mengenal
permainan tradisional. Sangat pandai mengenal permainan bulu tangkis, pandai mengetahui
bagian-bagian
tubuh sendiri, pandai mengetahui konsep bergerak seimbang.
|
|
Ananda Adrian Sanzu baik dalam
mengenal jenis-jenis pupuh dan
memahami bahasa Sunda yang baik dan benar
dalam keseharian.
|
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam mempraktikkan
pola gerak dasar, memperagakan permainan engklek, memainkan permainan bulu tangkis,
mempraktikan cara menjaga tubuh, dan dalam mempraktikkan aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani.
Ananda Adrian Sanzu baik dalam menyanyikan pupuh.
5. EKSTRAKURIKULER
Kegiatan Ekstrakurikuler
|
Keterangan
|
Praja Muda Karana (Pramuka)
|
Ananda Adrian Sanzu baik dan aktif dalam mengikuti
latihan mingguan.
|
6. TINGKAT KEHADIRAN
Ketidakha
Sakit
Izin
Tanpa Keterangan
|
diran
|
Keterangan Absensi
|
:
hari
:
hari
:
hari
|
Ananda Adrian Sanzu sangat baik dalam kehadiran.
|
Triesa Nurul Azmi
Nama Peserta Didik : Ani Kelas : I-A
Nomor Induk : 12345 Semester : 1 (satu)
Nama Sekolah : MIN Bawu Jepara Tahun
Pelajaran : 2014 / 2015
Alamat Sekolah : Jl. Masjid Jami’ No7 Bawu
A. Sikap
Aspek
|
Deskripsi
|
Menerima, menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
|
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan
keluarga dan guru
|
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan
dalam hal ketelitian.
|
B. Pengetahuan
Aspek
|
Deskripsi
|
Mengingatdan memahami pengetahuan faktual
dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
benda-benda lain di sekitarnya
|
Mahir menyebut tata cara bersuci, masih
perlu bimbingan untuk memahami makna doa sebelum dan sesudah belajar.
Menguasai benar simbol-simbol sila
Pancasila.
Mahir menyebut teks deskriptif tentang
anggota tubuh dan pancaindera dengan kosakata bahasa Indonesia
Pandai membandingkan dengan memperkirakan
panjang suatu benda dengan menggunakan istilah sehari-hari.
Masih perlu latihan tentang pola irama
lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmik
|
C. Keterampilan
Aspek
|
Deskripsi
|
Menyajikan kemampuan mengamati, menanya,
dan mencoba dalam :
bahasa yang jelas, logis, dan sistematis
karya yang estetis
gerakan anak sehat
tindakan anak beriman dan berakhlak mulia
|
Telah melaksanakan aturan di sekolah
dengan baik, masih perlu bimbingan dalam menceritakan kebersamaan dan
keberagaman di sekolah.
Mahir dalam menyampaikan teks cerita
diri/ personal tentang keluarga dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
|
Pada kesempatan ini akan saya bahas cara
melakukan penilaian dan membuat deskripsi raport untuk aspek sikap. Yang harus
diingat adalah bahwa aspek sikap mencakup dua hal yaitu sikap spiritual (KI.1)
dan sikap sosial (KI.2). Mari kita cermati lagi model raportnya.
A. Sikap
Aspek
|
Deskripsi
|
Menerima, menjalankan ajaran agama yang dianutnya |
Sangat terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah belajar, perlu usaha-usaha pembiasaan dalam bersuci sebelum beribadah
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan
keluarga dan guru
|
Menunjukkan sikap percaya diri dan
bekerja sama yang sangat menonjol, masih perlu usaha-usaha dan bimbingan
dalam hal ketelitian.
|
good
ReplyDelete