-->

SISTEM EKONOMI MALAYSIA

            Sistem Ekonomi Malaysia. Malaysia yang menganut pasar terbuka ini menganut dua Sistem Ekonomi sejak tahun 1963 : Sistem Ekonomi Sara Diri dan Sistem Ekonomi Komersiil. Sistem Ekonomi sara diri adalah dimana suatu keluarga mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya sendiri dengan cara bercocok tanam,perikanan dan hasil hutan, sedangkan kelebihannya sebagai bahan perniagaan. Sehingga bisa menekan tingkat inflasi karena disini penggunaan uang lebih sedikit. Sistem Ekonomi Komersiil adalah sistem yang berorientasi pada kemasukan pelabur asing, pelaburan modal, penggunaan teknologi baru, pengenalan tanaman baru dll. Dari kedua hal tersebut, Malaysia mengalami fase dari feodalisme-Ekonomi Tenaga Kerja-Kapitalis/pasar terbuka. Malaysia berada pada urutan ke-21 negara yang menjalankan kegiatan ekonomi termudah di dunia, karena semua kegiatan ekonomi ditentukan oleh pasar. Peran pemerintah dalam perekonomia sangat minim sehingga kemudahan dalam birokrasi kegiatan ekonomi pun lebih mudah, jadi tak heran Malaysia ada pada urutan 21 dunia negara yang paling mudah dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

RM Malaysia


 Dengan demikian banyak pengusaha dari berbagai negara yang menjalankan bisnis di Malaysia, dengan demikian akan lebih meningkatkan Pendapatan Nasional Malaysia dan mengurangi jumlah pengangguran di malaysia dengan besar pengangguran di Malaysia sebesar 5% dari jumlah penduduk di Malaysia tahun 2009, sedangkan tingkat inflasi pada tahun 2009 mencapai 0,4%. Sistem Ekonomi pasar terbuka(sistem ekonomi kapitalis) di Malaysia membawa perubahan besar sejak tahun 1963 dengan kegiatan ekonomi yang berorientasi pada padat modal dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Malaysia. Kemudahan menjalankan perniagaan pun menjadi salah satu faktor kemajuan Malaysia dengan SDM dan SDA yang kecil dapat menjadi kekuatan ekonomi dunia. Sehingga tidak dapat dipungkiri kenapa lebih banyak perusahan asing yang berdiri di Malaysia. Kemajuan teknologi di Malaysia menjadikan Malaysia dapat mempercepat pembangunannya dan infrastruktur demi percepatan pertumbuhan ekonomi di Malaysia. Kejelasan haluan sisteme ekonomi di Malaysia membuat Malaysia lebih mudah dalam perencanaan sektor Riil.
Dari analisis diatas, bahwasanya kinerja ekonomi Indonesia VS Malaysia lebih baik di Malaysia dikarenakan ketidakpastian haluan yang ada di Indonesia, ketidaksiapan bangsa menata masa depan Indonesia, ketidak mandirian bangsa. Semua kegiatan ekonomi di Indonesia selalu terbentur masalah birokrasi, maka tidak heran Indonesia berada pada posisi 129 negara yang mudah melakukan bisnis. Tidak seperti Malaysia yang mampu mecukupi kehidupan hariannya tanpa ada beban. Mungkin Indonesia bisa mengadopsi cara mecukupi pangan seperti Malaysia. Di Malaysia sangat jelas tujuan/haluan mereka. Dengan demikian sudah saatnya Indonesia kembali kepada Sistek Ekonomi Pancasila sesuai perundang-undangan, Pasal 33 UUD1945. Kecendrungan kapitalistik di Inonesia disinyalir sebagai pemicu masalah kesenjangan sosial, padahal Bung Hatta mencetuskan pasal 33 UUD 1945 ini karena adanya kesengsaraan masyarakat akibat kapitalisme bangsa penjajah. Kata Prabowo dalam Kompas Senin 18 Maret 2013 “Kami tidak mau jadi budak bangsa lain dan tidak mau diperintah negara lain yang menyengsarakan rakyat. Mari rakyat bangkit, kembalikan sistem ekonomi sesuai dengan UU 1945 “. Sangat jelas sekali, bahwasanya Sistem liberal di Indonesa sudah menyusahkan rakyat Indonesia, menimbulkan bayak masalah-maslah sosial & ekonomi.

Sumber Referensi :
Subandi, 2011, Sistem Ekonomi Indonesia, Bandung: Alfabeta
Metro Tv, Economic Chalanges & Forum Bisnis
            Kompas News, Kategori : Ekonomi Bisnis


0 Response to "SISTEM EKONOMI MALAYSIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel